Yuk Intip Desain Motif Keramik Dinding Rumah

Yuk Intip Desain Motif Keramik Dinding Rumah

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghias dinding di rumah Anda baik untuk dinding ruang tamu, teras, dapur, kamar mandi, kamar tidur dan lain-lain. Anda dapat memilih desain keramik dinding yang elegan dan menarik sehingga mempercantik tampilan dinding di rumah Anda. Tentunya pilihlah desain keramik dinding yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Desain Motif Keramik Dinding

  • Desain keramik dinding dapur denagn pola Herringbone

Pada mulanya, pola herringbone sering dipakai untuk lantai berbahan kayu. Namun, seiring berkembangnya zaman kini pola tersebut banyak dipakai untuk lantai maupun dinding. Bentuk pola tersebut adalah persegi panjang. Akan tetapi, dalam  pemasangannya ubin disusun dengan formasi silang.

            Desain motif keramik tersebut juga dapat dipakai untuk backplash yang dapat mempercantik ruangan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan desain tersebut untuk akses dekoratif yang diterapkan di dinding dapur, kamar mandi, teras maupun di ruangan lain di rumah Anda.

  • Desain keramik dinding berpola metro

Desain keramik ini memiliki nilai sejarah, yaitu penamaannya berdasarkan nama keramik yang dipakai pada didnding stasiun kereta bawah tanah London dan New York di abad 20. Dengan desain tersebut, maka ruangan di rumah Anda dapat tampil modern karena keramik tersusun rapi dan seragam. Desain tersebut juga cocok untuk semua jenis ruangan.

  • Keramik dinding kamar mandi dengan desain Terrazzo

Keramik dengan desai terazzo ini terbuat dari campuran berbagai bahan seperti marmer, granit, kuarsa dan serpihan kaca sehingga membentuk corak yang khas. Selain itu, kualitasnya tidak diragukan lagi karena kuat dan tahan lama. Tak heran jika keramik tersebut menjadi salah satu keramik serbaguna untuk dipasang di dinding.

Pada aplikasinya, Anda dapat memasang keramik dengan desain terazzo di dinding dapur, ruang tamu, teras, kamar mandi dan ruangan lainnya untuk mempercantik dan memberikan sentuhan unik dan menarik tanpa meninggalkan kesan kuno.

  • Desain keramik motif Chevron

Keramik motif chevron dapat dipasang dengan mengkombinasikan beberapa warna. Perpaduan warna yang dihasilkan tentunya dapat mempercantik ruangan Anda. Secara sekilas mirip dengan pola herringbone namun cara pasangnya berbeda.

Pola chevron dipasang dari titik ke titik dengan bagian ujungnya terpotong pada sudut sehingga terbentuk efek zig zag yang berkesinambungan. Pola zig zag dapat membentuk efek huruf V di semua desain yang terpasang di dinding ruangan di rumah Anda.

  • Desain keramik berpola Hexagon

Desain keramik ini termasuk dalam gaya vintage yang kini semakin trendi di kalangan masyarakat. Anda juga dapat membuat tampilan dinding menjadi lebih klasik dengan menggunakan warna yang solid.

Anda juga dapat menciptakan tampilan yang trendi dengan memadukan desain keramik menggunakan warna yang berbeda-beda namun masih senada. Kombinasi warna yang sesuai dapat mempercantik ruangan.

Desain keramik hexagon ini sangat cocok diaplikasikan di teras rumah, sebagai backplash di dapur maupun di dinding kamar mandi dan lain-lain.

  • Desain keramik motif batu alam

Banyak dijumpai motif batu alam yang dapat Anda pilih untuk mempercantik dinding ruangan di rumah Anda. Contohnya adalah andesit, granit, marmer, batu slate atau limestine. Masing-masing motif dan corak mempunyai keistimewaan tersendiri sehingga cocok dan serasi untuk diaplikasikan di dinding rumah Anda.

Contoh cara mengaplikasikan batu alam untuk menghias dinding rumah, Anda dapat menerapkan  motif keramik granit dan marmer untuk area indoor. Sedangkan, motif batu alam slate dan limestone dapat dipasang di area outdoor, misalnya di teras atau pun pagar.

  • Desain keramik teras motif kayu

Motif kayu dapat menciptakan kesan ruanagn yang hangat dan alami. Anda juga dapat menciptakan kesan dramatis dengan memadukan dan mengkombinasikan warna serta memperhatikan teknik pemasangannya.

Contohnya, Anda dapat mengkombinasikan warna kayu cokelat tua, cokelat muda dan abu-abu. Anda juga dapat menerapkan pola tertentu untuk mempercantik tampilan dinding seperti pola zig zag, herringbone dan hexagone.

  • Desain keramik dinding 3 dimensi

Pada umumnya, desain keramik dinding 3 dimensi ini diterapkan di kamar tidur, ruang kerja, kamar mandi dan ruang tamu. Anda dapat memilih bermacam-macam motif dan gambar untuk diaplikasikan ke dalam keramik dinding 3 dimensi. Selain itu, Anda juga dapat menciptakan efek 3 dimensi dengan ubin bertekstur.

  • Desain keramik pola sisik ikan atau fish scale

Pada umumnya, keramik dengan bentuk pola sisik ikan ini banyak diaplikasikan di kamar mandi. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan di dapur, ruang makan, ruang tidur, teras rumah dan bagian ruangan lainnya. Bentuknya yang unik dapat mempercantik tampilan rumah Anda sehingga tampak lebih menarik.

Tips Memilih Keramik Dinding

  • Tunjukkan ide kreatif Anda

Saat memilih keramik dinding untuk rumah maupun ruangan di rumah, Anda dapat menunjukkan ide kreatif yang Anda miliki. Caranya, pilihlah desain keramik dengan berbagai macam tema ornamen berbentuk seperti bunga, hewan, desain 3 dimensi dan lain-lain.

  • Memperhatikan tekstur keramik dinding di rumah Anda

Anda bebas menggunakan keramik yang akan Anda pasang di rumah Anda, apakah akan menggunakan keramik dengan tekstur vynil, kasar atau batu alam. Terutama jika Anda akan memilih keramik untuk dinding dapur maka usahakan pilihlah yang tahan terhadap uap dan panas.

Pada area yang dekat dengan pengolahan makanan maka pilihlah keramik bertipe glazed ceramic tiles sehingga keramik lebih tahan noda dan gampang dibersihkan.

  • Perhatikan keseimbangan warna

Anda dapat mengkombinasikan warna sesuai imajinasi Anda. Dengan demikian dinding di rumah Anda tampak lebih cantik dan menarik. Perpaduan warna yang tepat juga dapat membuat dinding ruangan tampak lebih elegan.

  • Pilihlah keramik dinding sesuai dengan budget Anda

Sebelum membeli keramik, tentukan budget yang Anda miliki. Tujuannya agar Anda dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

Itu tadi beberapa tips memilih desain dinding keramik agar tepat sesuai dengan ruangan dan budget. Semoga bermanfaat.