Tips Praktis & Alami Menghilangkan Bau Badan dan Penyebabnya

Menghilangkan Bau Badan

Masalah tubuh memang sangat beragam dari mulai yang terlihat seperti penyakit kulit, jerawat sampai bau badan. Menghilangkan bau badan butuh penanganan yang tepat. Meskipun tidak terlihat, tetapi badan yang berbau tidak sedap akan membuat orang-orang di sekitar merasa kurang nyaman. Akibatnya tingkat percaya diri anda akan menurun.

Penyebab bau badan

Aktivitas sehari-hari akan memicu keluarnya keringat dari tubuh sebagai reaksi alami yang biasanya meningkat ketika udara sekitar lebih panas. Keringat ini dihasilkan oleh sebuah kelenjar yang bernama aprokin & accrine. Kelenjar accrine diproduksi sejak bayi tidak memiliki bau, umumnya terjadi di bagian dahi, tangan, dan punggung.

Sementara kelenjar aprokin adalah jenis kelenjar yang sering menimbulkan bau tubuh terletak di bagian dalam kulit. Bagian-bagian tubuh yang mempunyai kelenjar aprokin biasanya berupa lipatan seperti contohnya ketiak. Setelah mengetahui penyebab produksi keringat yang berbau, anda perlu cara terbaik untuk menghilangkan bau badan agar lebih percaya diri.

Cara alami dengan memanfaatkan tumbuhan-tumbuhan dari alam

  1. Tanaman Beluntas

Tanaman ini bisa dibilang sebagai tumbuhan kecil liar yang tumbuh subur meskipun tanpa perawatan khusus. Sehingga anda bisa mendapatkan secara gratis dengan mencarinya di lingkungan sekitar. Banyak senyawa bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti minyak atsiri, alkaloid, kalsium, magnesium, vitamin C, dan masih banyak lainnya.

Cara membuat ramuan dari daun beluntas untuk mengurangi bau keringat pada tubuh hanya butuh dua langkah sederhana. Pertama, anda bisa mulai merebus beberapa lembar daunnya sampai matang. Kedua, konsumsi air rebusannya 2 kali dalam satu hari. Rasanya tentu saja tidak enak seperti ramuan tradisional lainnya, inilah tantangan yang harus ditakhlukan.

  1. Mandi dengan daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang memiliki zat antioksidan tinggi sehingga mampu menghilangkan beberapa masalah kesehatan dalam tubuh.  Selain antioksidan, ada pula kandungan zat lainnya yaitu tiamin, riboflavin, vitamin C, karoten, dan niacin. Untuk menghilangkan bau badan, anda tidak perlu berjuang meminum ramuan pahit daun sirih.

Ikuti tiga langkah pemakaian daun sirih untuk membasmi bau badan berikut ini.

  • Petik beberapa lembar daun sirih kemudian rebus dengan menambahkan air secukupnya
  • Setelah mendidih, anda bisa menyiapkan bak mandi untuk menuangkannya.
  • Mandilah dengan mencampur air & air rebusan daun sirih tadi.
  • Hasil lebih baik akan didapatkan ketika melakukannya secara rutin.
  1. Temulawak

Temulawak dapat membantu menghilangkan bau badan karena memiliki kandungan minyak atsiri, flavoinoida, dan sapomin. Anda dapat memulainya dengan menghaluskan temulawak dengan parutan atau tumbukan. Lalu, tambahkan air secukupnya untuk menghasilkan perasan airnya. Terakhir, konsumsi air perasan tersebut.

  1. Jeruk purut dan jeruk nipis

Jeruk merupakan tanaman yang kaya manfaat, selain untuk menghaluskan kulit ternyata juga dapat digunakan untuk membasmi bau kurang sedap akibat keringat. Jeruk purut dapat diperas dan dicampurkan dengan air satu gelas. Anda dapat menjadikannya minuman segar 2 kali dalam sehari untuk mengusir bau ketiak.

Sementara jeruk nipis bisa diaplikasikan dengan cara lain yaitu dengan menggunakannya sebagai olesan ketiak seperti halnya pemakaian deodorant. Namun hindari ketika ketiak sedang terluka.

Menghilangkan bau keringat bisa ditempuh dengan berbagai cara. Memanfaatkan tanaman-tanaman di sekitar merupakan cara mudah, sederhana, murah, dan tanpa efek samping. Kunci keberhasilannya adalah berkelanjutan menggunakannya tidak hanya sekali dua kali. Sebab apabila hanya satu dua kali maka efeknya tidak akan maksimal dan bahkan akan kembali seperti semula.