Tips Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik dan Terpercaya

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik dan Terpercaya

sepeda motor menjadi kendaraan paling popular di Indonesia. hampir semua masyarakat indonesia memilikinya. Apalagi kepemilikan sepeda motor sangat mudah. Ada banyak dealer yang menawarkan kredit motor dengan uang muka rendah. Saat membeli kendaraan bermotor, anda harus memikirkan asuransinya juga. Terutama untuk sepeda motor kelas menengah ke atas dengan harga puluhan hingga ratusan juta rupiah. Berikut ini beberapa tips memilih asuransi kendaraan bermotor terbaik dan terpercaya.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan asuransi untuk kendaraan bermotor. Setiap asuransi memiliki syarat ketentuan yang berbeda-beda. Saat memilih asuransi sepeda motor, pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk kendaraan bermotor, ada dua jenis asuransi yang disediakan. yaitu asuransi gabungan (comprehensive) dan asuransi total los only (TLO). Untuk asuransi gabungan menjamin semua kerusakan yang terjadi pada kendaraan anda. Sedangkan total lost only hanya menjamin resiko kehilangan dan kerusakan diatas 75%. Keduanya memiliki besar premi yang berbeda-beda. Oleh karena itu pilih sesuai kebutuhan,

Hitung Klaim dan Premi Yang Harus Dibayarkan

Sebelum membeli polis, pahami hitungan klaim dan premi asuransi tersebut. Anda harus tahu besaran premi yang dibayar setiap bulannya. Kemudian berapa besar klaim yang didapatkan. Misalnya untuk klaim asuransi kehilangan sepeda motor. Besaran premi akan dikalikan harga motor dan biaya administrasi. Saat mendaftar anda bisa menanyakan hal ini terlebih dahulu. Sehingga anda tahu akan mengalami kerugian atau keuntungan di kemudian hari.

Sesuaikan Dengan Kondisi Keuangan

Saat memilih asuransi kendaraan bermotor, sesuaikan dengan kondisi keuangan anda. Sehingga anda tidak akan mengalami masalah pembayaran di kemudian hari. jangan memaksakan diri mengambil besaran asuransi yang terlalu tinggi. Hitung penghasilan anda setiap bulannya. Kemudian hitung semua pengeluaran. Barulah anda alokasikan ke asuransi kendaraan anda. Jika memilih besaran asuransi terlalu tinggi, akan menyulitkan anda di kemudian hari.

Pertimbangkan Perusahaan Asuransi Dari Dealer

Buat anda yang pertama kali terjun di dunia asuransi, lebih baik pertimbangkan perusahaan asuransi rekomendasi dealer. Biasanya dealer sudah bekerjasama dengan perusahaan asuransi tertentu. Yang sesuai dengan merk motor tersebut. Ini akan memudahkan perbaikan bila terjadi kerusakan. Anda juga bisa bertanya ke saudara atau teman yang sudah terjun ke dunia ini terlebih dahulu. Jangan asal memilih karena akan merugikan anda di kemudian.

Cek Kredibilitas Perusahaan

Ada puluhan perusahaan asuransi di Indonesia. tidak semuanya memberikan pelayanan yang baik. saat ingin membeli polis asuransi, anda harus cek kredibilitas perusahaan tersebut. Sudah berapa lama berdiri, berapa jumlah peserta, syarat ketentuan dan lainnya. anda bisa melakukan survei terlebih dahulu. Kemudian bandingkan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya masalah di kemudian hari. karena sekarang banyak perusahaan asuransi yang bermasalah.

Bengkel Yang Bekerjasama

Untuk asuransi sepeda motor, sangat penting cek bengkel yang bekerjasama dengan perusahaan tersebut. Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki banyak bengkel rekaan. Karena akan memudahkan anda di kemudian hari. apalagi saat anda berada di luar kota. Bisa melakukan perbaikan motor di mana saja. anda juga harus melihat kredibilitas dari bengkel tersebut. Memberikan pelayanan yang baik atau tidak.

Dengan melakukan semua cara diatas, anda bisa menemukan perusahaan asuransi kendaraan bermotor yang terbaik dan terpercaya. Jangan mudah percaya dengan perusahaan asuransi yang memberikan iming-iming terlalu tinggi. Selalu perhatikan kredibilitasnya.