Tips Kredit Mobil Bekas Kalau Tidak Ingin Rugi

Tips Kredit Mobil Bekas Kalau Tidak Ingin Rugi

Memiliki mobil di zaman sekarang ini sudah bukan lagi hal yang biasa, bahkan sebagian besar di masyarakat perkotaan mempunyai mobil untuk menunjang aktivitasnya ke mana pun mereka pergi. Banyaknya aktivitas, apalagi jaraknya yang jauh dari rumah, tentu orang lebih memilih mobil karena lebih nyaman dan terhindar dari debu, sinar matahari yang terkadang menyengat, dan hujan. Dengan memiliki mobil pribadi, tentu Anda dan juga anggota keluarga lainnya akan terasa lebih nyaman dan mudah menjangkau tempat-tempat yang ingin dituju meskipun jaraknya yang jauh. Tapi, budget yang terbatas menjadi kendala orang-orang yang ingin membeli mobil yang diinginkannya, sehingga mengurungkan niatnya untuk menabung terlebih dahulu atau dengan jalan kredit mobil bekas dengan harga yang lebih terjangkau.

Padahal, Anda bisa memilih kredit mobil bekas yang harganya tentu lebih murah. Meskipun mobil bekas, kualitas yang ditawarkannya tetap tidak kalah dari mobil baru. Hanya saja, pastikan Anda memilih penjual mobil bekas yang benar-benar terpercaya agar mendapatkan mobil yang masih bagus dan tidak banyak kekurangan.

Anda yang ingin kredit saat membeli mobil bekas, bisa melalui berbagai pihak, seperti leasing atau dari dealernya langsung. Namun, tetap saja Anda harus memperhatikan beberapa hal dalam membeli mobil bekas dalam cara kredit.

Pilih referensi yang paling baik merupakan hal yang harus Anda perhatikan dengan bijak. Jangan tergiur harganya yang murah kalau Anda belum melihat kondisi mobilnya seperti apa. Karena itulah, pilih terlebih dahulu mobil bekas yang ingin Anda beli, lalu pertimbangkan satu sama lainnya.

Dengan begitu, Anda pun akan semakin mudah menilai mana mobil yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kenyamanan maupun kebutuhan adalah hal yang harus Anda pikirkan baik-baik agar Anda puas setelah membeli mobil bekasnya.

Kondisi mesin mobil pun juga harus Anda pikirkan. Biasanya semakin lama umur mobil, maka kredit yang diberikan juga akan semakin murah. Kalau umur mobilnya masih baru atau kurang dari setahun, biasanya penjual akan memberikan harga yang masih tinggi.

Ada baiknya kalau Anda mengecek kondisi mesinnya terlebih dahulu. Kalau perlu mintalah pada penjualnya untuk melakukan test drive agar bisa merasakan langsung mobilnya seperti apa. Bawalah ke berbagai jenis jalan, seperti jalan berlubang, berbatu, menanjak, ataupun yang memiliki polisi tidur. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui bagaimana mobil tersebut ketika melewati jalan-jalan tertentu.

Kalau Anda sudah mulai merasa yakin, yang perlu Anda pikirkan berikutnya adalah uang muka dan cicilan per bulannya. Tidak hanya itu, biasanya penjual juga akan mengenakan berbagai biaya tambahan seperti jaminan fidusia, provisi, biaya pemeliharaan rutin, asuransi, dan sebagainya.

Tanyakan dengan pasti ke pihak penjualnya dan hitung dengan seksama. Hal tersebut wajib Anda lakukan agar rencana keuangan Anda tidak menjadi berantakan hanya karena membayar cicilan kredit mobil bekas. Selain biaya-biaya tambahan tersebut, suku bunga juga bagian kredit yang perlu Anda pertimbangkan juga.

Dalam hal tersebut, semakin lama Anda mengambil batas waktu cicilan, maka bunga yang diberikan juga akan semakin tinggi. Berbeda kalau Anda hanya mengambil beberapa bulan saja, tentu bunga yang dikenakan juga akan semakin rendah.

Namun, penjual mobil bekas hanya memberikan jangka waktu cicilan lebih singkat daripada Anda melakukan kredit mobil baru. Semakin singkat jangka waktunya, tentu saja Anda akan semakin cepat melunasi utang kredit mobil bekas yang Anda pilih, bukan?

Setelah menyetujui mobil bekas mana yang akan Anda beli, jangan lupa lengkapi dokumen persyaratannya, seperti KTP, rekening koran, maupun bukti pembayaran pajak Anda. Persyaratan tersebut harus Anda penuhi agar konfirmasi kredit Anda berjalan lancar.

Membeli mobil bekas tidak selalu identik dengan mesin, interior, maupun eksterior yang jelek. Pastikan saja Anda pilih penjual bekasnya yang kualitasnya masih bagus. Yang paling penting adalah kredit mobil bekasnya yang tidak mencekik keuangan Anda.