Tips Atasi Sales Nakal yang Jual Mobil Lebih Mahal

Tips Atasi Sales Nakal yang Jual Mobil Lebih Mahal

Meski Anda membeli mobil di dealer resmi, adanya sales nakal kadangkala tak bisa dihindari. Mereka sengaja menaikkan harga jual mobil yang akan dibeli untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Nah, agar Anda terhindar dari sales nakal seperti ini, ada tips yang bisa Anda terapkan. Ini dia!

  1. Cari Info Sebanyak Mungkin tentang Mobil yang Akan Dibeli

Salah satu langkah efektif yang bisa Anda lakukan agar tak tertipu oknum sales nakal adalah dengan mencari info sebanyak mungkin tentang mobil yang akan dibeli sebelum datang ke dealer mobil. Hal ini perlu dilakukan sehingga Anda bisa tahu fitur apa saja yang dimiliki mobil tersebut, apa kelebihannya dan lain sebagainya.

Dengan begitu, Anda akan terhindar dari sales bermulut manis yang meninggi-ninggikan kelebihan dari mobil yang akan dibeli. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui seberapa harga pasaran untuk mobil tersebut. Anda bisa mencarinya di berbagai sumber. Baik itu internet atau teman yang sudah membeli mobil yang sama, juga bisa.

  1. Jangan Pernah Tergiur dengan Harga Lebih Murah

Siapa sih, yang tak mengingkan dapat mobil baru dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran? Sepertinya tak ada, kan? Namun, Anda harus hati-hati. Jangan pernah tergiur dengan mobil yang dibanderol murah yang ditawarkan oleh sales. Bisa jadi semakin murah harga mobil tersebut, pelayanannya akan berkurang. Jadi, pikir-pikir lagi!

  1. Jangan Sungkan Bernegoisasi

Namanya saja membeli barang, tentunya Anda harus deal harga dengan si penjual, kan? Oleh sebab itu, jangan pernah sungkan untuk bernegoisasi dengan sales tersebut untuk menemukan harga yang pas. Siapa tahu nantinya Anda akan dapat harga yang paling baik. Bila sales tersebut menolak dan harga belum sesuai dengan bujet, Anda bisa coba cari yang lain.

  1. Jangan Diskusikan Pembayaran Bila Harga Belum Cocok

Ketika Anda bertemu dengan sales yang keukeh jual mobil dengan harga yang tinggi dan harga tersebut belum cocok dengan Anda, maka jangan pernah diskusikan pembayaran. Ingat, tawar menawar adalah hal yang biasa dalam jual beli. Tapi, bila metode pembayaran sudah didiskusikan lebih dulu, maka si penjual biasanya tak akan menurunkan harga lagi.

  1. Minta Aksesoris Mobil sebagai Bonus

Sebagai bonus pembelian, biasanya dealer yang baik akan memberikan berbagai bonus pada pembelinya. Nah, Anda bisa meminta bonus berupa aksesoris mobil yang menarik pada dealer yang Anda pilih bila harga sudah pas dan Anda juga sudah menentukan sistem pembayarannya.

Anda bisa menanyakan tentang bonus ini pada sales yang menangani Anda. Jumlah dan apa saja bonus yang bisa Anda dapat tergantung bagaimana Anda membuat kesepakatan dengan si sales tersebut. Jadi, baiknya buatlah kesepakatan yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.

  1. Lengkapi dengan Asuransi

Lalu, jangan lupa lengkapi mobil yang Anda beli dengan asuransi. Anda bisa memilih asuransi TLO atau total loss only alias yang meng-cover kerusakan keseluruhan atau all risk saja. Tentunya, tergantung kesanggupan Anda. Tujuannya tentu saja untuk menghindari mobil baru Anda dari berbagai masalah seperti rusak atau kehilangan.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari sales nakal yang jual mobil dengan harga lebih mahal. Tidak susah sebenarnya. Bila Anda membeli mobil di dealer resmi Toyota Astra dan menemukan sales nakal, Anda juga bisa melaporkannya, lo! Data diri Anda dijamin terlindungi dan tidak ada yang akan mengganggu Anda!