Tidak Selalu Buruk, Ini Manfaat Aplikasi Pinjaman Dana Jika Penggunaannya Bijak

Tidak Selalu Buruk, Ini Manfaat Aplikasi Pinjaman Dana Jika Penggunaannya Bijak

Selain daripada legal atau tidaknya sebuah aplikasi pinjaman dana, kebanyakan dari kasus orang yang terjerat aplikasi fintech adalah karena tidak bijak dan tidak mempertimbangkan kemampuan finansial saat mengajukan pinjaman. Contohnya, impulsif menggunakan beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu atau dengan tujuan untuk gali lubang tutup lubang.

Padahal, di era digital seperti saat ini, adanya aplikasi pinjaman online seperti Kredivo bisa membantu banyak orang yang butuh dana cepat dalam waktu singkat. Selain itu, jika penggunaannya bijak, tiga manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi pinjaman online yang terpercaya.

Bisa jadi solusi untuk kebutuhan darurat

Rata-rata aplikasi pinjaman online menawarkan proses pencairan yang cepat, maksimal 1 x 24 jam, seperti Kredivo. Dengan cepatnya proses pendaftaran dan waktu pencairan membuat aplikasi fintech bisa diandalkan untuk segala kebutuhan darurat misalnya untuk rumah sakit. Sebab kadang-kadang, pinjam uang ke teman atau keluarga bukan perkara mudah.

Dengan Kredivo, apabila kamu sudah punya akun dan sejumlah limit, kamu bisa mencairkan limit ini jadi pinjaman tunai kapan pun sesuai kebutuhan. Caranya dengan memilih fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo di aplikasi, kemudian isi jumlah pinjaman, tujuan pinjaman, tenor, dan nomor rekening pribadi. Kalau pengajuan disetujui, maka pinjaman akan langsung cair dalam waktu 1 hari kerja ke rekening yang terdaftar.

Suku bunga Kredivo hanya 2,95% per bulan, baik untuk pinjaman tunaiataupun kredit barang di e-commerce rekanan. Kamu juga bisa pilih tenor pengembalian mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan, dengan minimal pengajuan pinjaman Rp 500 ribu.

Bisa membangun skor kredit positif

Saat ini, instrumen kredit yang bisa membangun skor kreditmu nggak cuma kartu kredit perbankan atau KTA dari lembaga kredit konvensional aja. Aplikasi fintech pinjaman tunaiyang legal dan sudah terdaftar di OJK seperti Kredivo juga bisa. Dengan daftar akun dan bertransaksi menggunakan Kredivo, perlahan-lahan skor kreditmu juga ikut terbangun. Kalau mau skor kredit positif, kamu perlu disiplin dan tepat waktu dalam membayar angsuran kredit dari transaksi yang kamu lakukan. Jangan sampai telat dan kena denda.

Skor kredit akan berguna bagi kamu di masa depan apabila ingin mengajukan jumlah pinjaman yang lebih besar, misalnya untuk usaha, atau untuk KPR. Tanpa skor kredit, pengajuan pinjamanmu kemungkinan besar akan ditolak oleh lembaga kredit terkait. Sebab, yang bisa menjadi nilai baik atau buruknya riwayat kreditmu adalah skor kredit yang tercatat di BI checking.

Sebagai tips, untuk membentuk skor kredit positif, sebaiknya jangan mengambil dua kredit atau cicilan sekaligus dalam satu waktu. Tunggu dulu hingga satu cicilan berjalan minimal 3 bulan atau setengah periode dari masa tenor yang dipilih, baru setelahnya kamu bisa pertimbangkan untuk ambil kredit lainnya.

Kredivo memiliki tiga opsi kredit bagi kamu yang terdaftar sebagai pengguna Premium: bayar dalam 30 hari, cicilan barang di e-commerce dengan tenor 3/6/12 bulan, dan pinjaman dana tunai dengan tenor 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. Nggak perlu ambil cicilan atau pinjaman dana, dengan melakukan transaksi bayar dalam 30 hari tanpa bunga aja, misalnya untuk beli pulsa, paket data, atau belanja di e-commerce (Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dsb) pakai Kredivo, kamu sudah mulai membangun skor kreditmu sendiri. Tapi, pastikan bayarnya tepat waktu atau sesuai dengan jatuh tempo yang tertera di aplikasi ya.

Bisa diandalkan untuk modal usaha

Pinjam modal untuk usaha termasuk dalam kategori utang produktif. Jadi, cukup aman untuk pinjam ke fintech. Dengan catatan, sebelum mengajukan pinjaman dana buat modal usaha, pastikan bahwa kamu sudah memiliki perencanaan bisnis yang matang sebelumnya. Selain itu, jangan asal pilih fintech, utamakan yang bunganya rendah, mengingat sebuah bisnis baru pasti membutuhkan waktu lama supaya bisa menghasilkan keuntungan. Bunga yang rendah bisa meringankan beban angsuran yang harus kamu bayar per bulannya. Sebagai tips, jika sumber modal berasal dari pinjaman, sebaiknya mulai bisnismu dari yang skalanya kecil dan minim risiko, seperti jadi agen pulsa, jualan makanan, dropshipper atau reseller, hingga usaha franchise kecil-kecilan.

Dibanding aplikasi lainnya, saat ini, Kredivo adalah fintech yang terkenal punya suku bunga paling rendah dan setara dengan yang ditawarkan bank: hanya 2,95% per bulan untuk pinjaman dana mulai dari Rp 500 ribu. Syarat untuk daftar Kredivo juga cukup mudah: calon pendaftar sudah berusia minimal 18 tahun, punya penghasilan tetap per bulan Rp 3 juta per bulannya, dan tinggal di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.