Memberikan Menu MP ASI 7 Bulan yang Cocok untuk Bayi

mpasi 7 bulan

Seorang bayi berusia 7 bulan tidak hanya memenuhi kebutuhannya dari asi saja, tetapi juga membutuhkan nutrisi lain yang tidak dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi asi. Nutrisi lain tersebut dapat dipenuhi melalui makanan pendamping asi atau yang lebih dikenal dengan sebutan MP ASI. Ibu dapat mengkombinasikan menu mp asi 7 bulan seperti sayur dengan daging yang kaya akan vitamin dan nutrisi untuk bayi.

Seorang bayi memiliki sistem pencernaan yang belum bisa mencerna makanan dengan ukuran besar atau makanan yang bertekstur terlalu kasar. Jika hal ini terjadi, bisa saja terjadi masalah di saluran pencernaannya. Oleh karena itu, MP ASI harus diolah dulu sedemikian rupa agar ukuran dan teksturnya bisa diterima oleh pencernaan bayi.

Untuk memenuhi nutrisi tersebut, menu MP ASI yang diberikan juga harus beragam. Dan disesuaikan dengan kebutuhan tumbuh kembang bayi.

Lalu, menu MP ASI seperti apa yang cocok diberikan untuk bayi berusia 7 bulan? Cek ulasan di bawah, yuk!

  1. Brokoli

Brokoli mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembang seorang bayi. Salah satunya adalah antioksidan yang dipercaya dapat meningkatkan sistem imun pada bayi, folat, kalsium, dan juga serat.

Cara memasaknya juga sangat mudah, yaitu dengan merebus brokoli sampai benar benar lunak. Kemudian haluskan sampai benar benar halus dengan menggunakan blender dan jangan tambahkan bumbu apapun.

Seperti yang Kita ketahui bahwa sistem pencernaan pada bayi masih rentan dan belum bisa beradaptasi dengan bahan bahan asing. Sehingga dikhawatirkan nantinya akan mengganggu sistem pencernaannya.

  1. Labu Kuning

Labu kuning memiliki tekstur yang lembut, sehingga dapat dicerna dengan baik oleh bayi. Kandungan nutrisi dalam labu kuning juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Yakni vitamin A, vitamin C, dan betakaroten.

Btakaroten sendiri merupakan zat yang provitamin A. Dan dipercaya dapat menyangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Selain itu, dapat juga meningkatkan sistem imun seseorang. Jadi betakaroten ini sangat cocok untuk digunakan sebagai MP ASI.

Untuk Kamu yang berniat memberikan labu kuning sebagai MP ASI kepada bayi, caranya ternyata sangat mudah, loh!

Caranya adalah dengan merebus labu kuning dan menghaluskannya sampai benar benar halus. Karena labu kuning ini memiliki tekstur yang lembut dan gampang halus, Kamu bisa menghaluskannya menggunakan garpu saja.

  1. Sayuran yang Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam sangatlah cocok menjadi MP ASI karena mengandung zat besi dan folat.

Zat besi sendiri memiliki fungsi yang penting perannya dalam tumbuh kembang bayi. Yaitu dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Seperti yang kita tahu, metabolisme tubuh bayi masih dengan mudah berubah ubah karena belum bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Cara memasaknya sendiri adalah dengan menjadikan bayam menjadi pure dan dapat mencampurkannya ke dalam bubur bayi sebagai pelengkapnya.

  1. Daging

Ternyata seorang bayi juga butuh makan daging, loh! Dengan catatan dapat mengolahnya dengan baik dan benar benar halus untuk dapat dikonsumsi seorang bayi. Daging sendiri mengandung zat besi dan seng.

Caranya sangat mudah yaitu dengan merebusnya sampai empuk kemudian haluskan dengan blender sampai teksturnya benar benar halus.

Untuk menghindari gangguan pencernaan yang mungkin timbul, disarankan agar membuang bagian lemak daging tersebut.

Makanan makanan pendamping ini tentu harus diolah dengan baik dan benar, tentu saja dimasak secara higenis. Karena pencernaan bayi bisa saja terluka karena tekstur makanan yang tidak dapat diterima oleh bayi.

Tidaklah sulit untuk menyiapkan MP ASI sendiri di rumah, tapi jangan lupa untuk memasaknya dengan baik dan benar untuk menghindari hal buruk yang mungkin akan terjadi pada bayi.