Manfaat Mading Untuk Sekolah

Manfaat Mading Untuk Sekolah

Saat membicarakan tentang sekolah tak akan pernah ada habisnya. Sekolah merupakan tempat menimba ilmu. Selain sebagai tempat menimba ilmu sekolah juga sebagai tempat pengembangan bakat minat bagi para siswanya. Sekolah adalah salah satu tempat terbentuknya pribadi setiap anak. Sekolah yang dijalani mulai usia dini ini terkadang juga menjadi batu loncatan yang baik bagi seseorang dalam menggapai cita – citanya. Sekolah di indonesia sendiri memiliki berbagai jenjang sesuai dengan usia dan tingkatan. Jenjang yang paling rendah untuk masa sekarang ini adalah PAUD. PAUD adalah pendidikan anak usia dini yang mana anak usia 3 sampai 4 tahun akan mendapat pengenalan sekolah. Lalu dilanjutkan degan jenjang taman kanak –kanak. Jenjang inilah yang yang menjadi landasan awal untuk para pengajar sebelum memasuki jenjang sekolah dasar. Jenjang sekolah dasar sendiri tersedia dalam enam tingkatan yang akan dilalui semua murid selama enam tahun. Diteruskan dengan sekolah menengah pertama atau smp dan sma yang masing – masing tingkat di tempuh dalam waktu tiga tahun. Yang berarti kedua jenjang tersebut akan di lalui selama enam tahun. Dalam kegiatan sekolah tidak hanya belajar dan belajar yang terus dilakukan, akan tetapi pengembangan bakat minat dan keinginan juga menjadi salah satu perhatian khusus dari pihak sekolah. Dengan mengadakan ekstrakulikuler bakat para siswa akan lebih mudah digali dan dikembangkan. Jenis dari ekstrakulikuler tersebut pun sangat beragam. Mulai dari ektrakulikuler akademik hingga non akademik. Salah satu ektrakulikuler yang sangat diminati adalah mading. Mading sendiri adalah majalah dinding yang biasa memasang berita terkait dengan segala sesuatu yang terjadi di sekolah. Tidak hanya itu mading juga menjadi ajang unjuk kreatifitas dari para siswa. Mading yang cantik dan unik selalu menampilkan berita terkini dari segi pendidikan juga menampilkan jasil karya siswa dalah salah satu hal yang sangat baik untuk dilakukan pihak sekolah. Mading kreatif inilah yang akan mendorong siswa untuk menjadi lebih kreatif.

Majalah dinding memiliki banyak manfaat bagi sekolah. Tidak hanya bagi sekolah mading juga sangat bermanfaat bagi siswa. Para siswa bisa melihat informasi seputar sekolah dari mading yang setiap hari akan selalu menampilkan berita terbaru. Informasi  yang didapat oleh pihak sekolah atau oleh siswa sendiri dapat ditempel atau di sebar luaskan melalui mading. Hal ini kan lebih efektif karena para siswa akan membaca dan memahami sendiri informasi tersebut. dalam konteks yang lebih luas mading juga bisa dijadikan sebagai media untuk menyalurkan kreatifitas para siswa. Kreatifitas pun bermacam – macam. Karakteristik setiap siswa yang berbeda tentu akan membuat berbagai minat dan bakat mereka berbeda. Bagi yang memiliki bakat menggambar dapat menempel gambar mereka pada mading sehingga bisa dinikmati oleh siswa lain. Bagi yang berbakat dibidang literasi bisa membuat puisi atau berita yang nantinya pasti akan di nikmati oleh siswa yang lain.

Dengan pemanfaatan mading ini akan diketahui dimana bakat dan minat dari masing – masing siswa. Bakat dan minat inilah yang nantinya akan menjadi bekal para guru untuk mengarahkan siswa nya pada tujuan atau rencana masa depan yang sesuai dengan hati masing – masing siswa.  Peran serta guru dalam pendidikan di sekolah sangat penting akan tetapi guru juga berperan sebagai orang tua kedua di sekolah. Guru yang baik akan menjadikan murid seperti anak. Mengasah kemampuan mereka akan tetapi menyayangi seperti keluarga. Guru yang disukai oleh siswa akan membuat siswa lebih mudah menangkap pembelajaran. Guru pun juga berperan dalam perkembangan majalah dinding di sekolah. Guru harus bisa mengarahkan siswa bagaimana cara mengisi mading yang baik dan menarik agar banyak siswa yang tertarik untuk membaca tau sekedar melihat mading tesebut. Selain membimbing guru juga membantu penyelesaian tiap proyek baru untuk mading. Memberi masukan serta memberi referensi – referensi terkait untuk menambah pengetahuan dari para siswa. Mading adalah sarana tukar informasi antar pihak sekolah ke siswa atau antar siswa ke siswa. Mading yang baik adalah mading yang memberi informasi dan sanggup menghibur para siswa dari penatnya belajar.