Kiat Tepat Memilih Dealer Motor yang Aman, Cepat dan Terpercaya

Kiat Tepat Memilih Dealer Motor yang Aman, Cepat dan Terpercaya

Motor menjadi kendaraan yang tampaknya paling banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Dalam satu rumah saja, tidak cukup dijumpai satu motor, terkadang ada dua, tiga, sampai lebih dari itu. Hal ini karena motor dirasa lebih praktis dalam penggunaannya daripada mobil, selain itu harganya pun lebih terjangkau dan bisa dibeli dengan cara cash maupun cicilan. Tidak heran jika permintaan motor tidak pernah surut tiap tahunnya, sehingga dealer motor pun tetap beroperasi dengan baik sampai sekarang. Hanya saja, untuk membeli motor pada dealer pun sebaiknya berhati-hati. Banyak kasusnya di mana pembeli ditipu oleh dealer nakal yang membawa kabur sejumlah uang. Inilah mengapa sebaiknya Anda pun tahu bagaimana kiat yang tepat sebelum membeli motor di dealer. Berikut ini tipsnya.

Jangan Tergoda Janji Dealer Bodong, Belilah Motor Hanya di Dealer Resmi

Selain dealer resmi, terkadang ada pula penjual motor yang tidak resmi. Dikarenakan tidak resmi, beberapa menawarkan motor dengan harga murah sehingga banyak yang tertarik dengan agen seperti ini. Akan tetapi, risiko membeli motor dari dealer tidak resmi sangatlah besar. Bukan hanya risiko uang Anda ditilep dan dibawa kabur, tetapi kadang motor yang diperjualbelikan pun tidak memiliki surat sah. Meskipun tidak semua dealer non resmi seperti itu, tetapi untuk keamanan lebih baik pergi ke dealer resmi saja.

Selain itu apabila Anda membeli motor di dealer resmi, motor yang didapat lebih terjamin orisinalitasnya, ada garansi 3 tahun after service, dokumen lengkap, dan jelas harganya tidak terpaut jauh dari dealer di tempat manapun. Terlebih jika ada kesalahan pada motor dan lain-lain, Anda bisa mengurusnya dengan lebih mudah karena ada surat-surat resminya.

Datangi Showroom yang Bersangkutan, Tidak Perlu Nitip

Pernahkah Anda menemui orang yang bekerja sebagai perantara pembelian motor? Memang yang seperti ini disebut calo sales. Alias bukan sales resmi dari dealer tempat pembelian mobil. Ada dua kemungkinan calo seperti ini bekerja, pertama mereka benar-benar mengurus semua keperluan Anda meskipun dengan biaya tambahan, sedangkan yang ke dua adalah mereka yang bisa sewaktu-waktu membawa kabur uang Anda. Bisa dibilang, jika tidak benar-benar sudah mengenal orangnya, memakai jasa agen seperti ini seperti bermain gacha.

Oleh sebab itu, ada baiknya pergi sendiri ke showroom dealer yang bersangkutan. Selain Anda bisa mengecek langsung produk atau motor yang diinginkan, Anda juga bisa memastikan bahwa dealer tersebut memiliki kantor yang bisa dijadikan tujuan jika sewaktu-waktu harus mengurusi surat atau hal-hal lainnya.

Sebelum Beli, Cek Dulu Harga dan Spesifikasinya di Website Resmi

Supaya tidak tertipu penjual, ada baiknya Anda mengecek harga pasaran dari motor yang Anda beli. Sebab, biasanya ketika ingin membeli secara cash, beberapa dealer sedikit mempersulit pembeli dan bahkan sedikit menaikkan harga. Inilah mengapa sebaiknya selalu cek harga pasaran sebelum benar-benar menyerahkan uang dan melakukan persetujuan.

Pastikan Sales yang Melayani adalah Agen Resmi

Di tempat dealer, biasanya ada dua sales yang bisa Anda jumpai. Pertama adalah sales resmi yang memakai seragam, dan sales tidak resmi yang tidak menggunakan seragam. Supaya Anda tidak tertipu calo yang mangkal di sana, pastikan untuk selalu dilayani sales yang menggunakan seragam resmi. Sebab, terkadang membeli dari pihak ke tiga bisa membuat harga beli motor lebih mahal, dan semua hal jadi tidak bisa Anda lakukan dengan lebih cepat. Selain itu, bertransaksi dengan agen resmi juga lebih menjamin keamanan Anda.

Lakukan Pembayaran secara Cash atau Kredit(?)

Anda mungkin tergoda dengan iming-iming dp murah di awal untuk kredit motor di dealer, tetapi jika punya uang, lebih baik membeli motor secara cash karena harganya akan jauh lebih murah. Pastikan juga jika melakukan pembayaran melalui ATM sebaiknya cek apakah nomor rekening yang dituju itu adalah nama resmi dari dealer tersebut atau malah ke rekening pribadi seseorang. Jangan lakukan pembayaran jika ternyata rekening yang dituju terlihat mencurigakan.

Untuk menghindari segala kesalahan pembelian, penipuan, dan lain-lain ketika membeli motor di dealer, selalu pastikan cek hal-hal di atas terlebih dulu. Pastikan juga jika pergi ke dealer motor Anda sudah benar-benar yakin dengan motor mana yang akan dibeli.