Ide Renovasi Rumah yang Bisa Dikerjakan Sendiri Agar Tampilan Rumah Tidak Membosankan

Ide Renovasi Rumah yang Bisa Dikerjakan Sendiri Agar Tampilan Rumah Tidak Membosankan

Selain karena faktor kerusakan, alasan untuk melakukan renovasi rumah adalah bosan dengan tampilan rumah sehingga membutuhkan sesuatu yang baru. Apabila Anda mengalami hal tersebut, maka tidak harus melakukan renovasi besar-besaran, cukup dimulai dari yang sederhana namun dapat mengubah tampilan menjadi berbeda. Bagaimana caranya? Berikut beberapa ide sederhana yang patut dicoba.

 

Ide Renovasi yang Sederhana untuk Menciptakan Suasana yang Berbeda

  • Warna cat rumah diganti

Salah satu cara efektif untuk mengubah tampilan rumah adalah dengan mengganti warna cat. Penggantian warna cat mudah dilakukan dan dapat disesuaikan dengan mood Anda. Sebagai contoh, apabila menginginkan suasana yang segar, maka catlah tembok dengan nuansa warna hijau, kuning, atau oranye. Penggantian cat dapat dilakukan untuk seluruh rumah atau hanya ruangan tertentu saja.

  • Perabotan diganti dengan yang baru atau ditambah

Suasana rumah juga dipengaruhi oleh perabotan yang mengisinya. Apabila rumah terasa sumpek, maka saatnya Anda menyingkirkan perabotan yang tidak perlu digunakan. Perabotan tersebut dapat dijual atau diberikan kepada orang lain yang menginginkannya. Kemudian, Anda dapat kembali mengisi ruangan dengan perabotan baru yang lebih multifungsi sehingga penataan rumah menjadi lebih minimalis.

Selain mengganti perabotan, menambah perabotan juga dapat dijadikan alternatif lain. Sebagai contoh, tampilan ruangan keluarga yang terlalu biasa dan membosankan dapat ditambah dengan beberapa furnitur seperti meja bundar berukuran sedang sebagai tempat camilan saat berkumpul, sofa untuk bersantai, dan bantal duduk warna-warni yang empuk. Perubahan kecil semacam itu juga penting dilakukan.

  • Karpet lantai diganti dengan motif/warna yang beda

Renovasi kecil-kecilan lainnya dapat dilakukan dengan mengganti karpet lantai. Penggantian karpet lantai cukup berpengaruh terhadap tampilan ruangan karena keberadaannya yang menonjol. Pemilihan karpet baru dapat dilihat dari warna, bentuk, ukuran, dan motif. Selain karpet, penggantian keset kamar mandi, keset ruang tamu, dan keset ruang lain juga bagus dicoba agar mengubah suasana lantai rumah.

  • Ubin teras dan sebagian dindingnya disulap menjadi baru

Tidak hanya bagian dalam rumah saja, renovasi sederhana juga penting untuk bagian luar. Terlebih lagi, bagian inilah yang paling mencolok dan memberi kesan pertama bagi para tamu. Apabila Anda merasa bosan dengan tampilan teras, Anda dapat mengganti warna atau motif keramik lantai. Tidak masalah jika tidak sama dengan keramik bagian dalam rumah.

Selain keramik lantai, Anda juga bisa mengubah sebagian dinding menjadi dinding keramik dengan motif yang sama seperti lantai, atau menggunakan material lain seperti bebatuan alami yang berwarna cerah/gelap. Agar lebih segar dipandang, maka pot-pot tanaman hijau dapat diletakkan pada teras. Selain itu, kolam ikan kecil dapat dibuat agar teras semakin menarik.

Renovasi yang dilakukan dalam skala kecil maupun besar sama-sama mampu mengubah tampilan rumah. Renovasi kecil-kecilan tanpa meminta bantuan jasa renovasi dapat dijadikan pilihan apabila hanya bosan dengan tampilan rumah. Namun, apabila ingin memperbaiki kerusakan yang berarti atau ingin memperluas rumah, maka membutuhkan jasa renovasi agar proses pembangunannya lebih terarah dan efektif.