Bolehkah Mengombinasikan Susu Formula dengan ASI? Ini 5 Aturannya!

Bolehkah Mengombinasikan Susu Formula dengan ASI? Ini 5 Aturannya!

Setiap ibu pasti ingin memberikan gizi yang terbaik bagi sang buah hati melalui ASI. Namun ada beberapa kondisi ibu yang tidak memungkinkan untuk memberikan ASI eksklusif bagi sang buah hati. Tak hanya memberikan susu formula dengan kandungan nutrisi yang memadai, Anda juga harus mengetahui aturan mengombinasikan susu formula dan ASI, yuk simak!

  1. Kombinasi Diperbolehkan Bila ASI Tidak Mencukupi

Tidak semua ibu menyusui bisa menghasilkan ASI yang mencukupi pasca melahirkan. Apalagi bila bayi tidak menyusu secara langsung, hal ini tentunya menyebabkan produksi ASI menjadi berkurang. Padahal seorang bayi membutuhkan asupan makanan dan nutrisi yang banyak untuk masa pertumbuhannya.

Demi memenuhi pasokan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh si kecil, Anda bisa mengombinasikan ASI dengan susu formula. Pemberian susu formula ini hanya bersifat sementara hingga bayi merasa kenyang. Jika produksi ASI sang ibu sudah lancar, maka segera hentikan pemberian susu formula untuk si kecil.

  1. ASI dan Susu Formula Tidak Dapat Dicampur Langsung

Terkadang banyak ibu yang salah mengartikan mengenai mengombinasikan susu formula dengan ASI. Kombinasi yang dimaksud bukan berarti mencampur susu formula dengan ASI dalam satu wadah. Mengombinasikan ASI dan susu formula yang dimaksud adalah mengatur waktu pemberian susu formula dan ASI dalam satu hari.

  1. Kombinasi Dilakukan Ketika Ibu Mengalami Kurang Istirahat

Minggu pertama pasca melahirkan bisa menjadi waktu yang paling berat bagi seorang ibu. Selain sedang menstabilkan hormon, seorang ibu juga masih harus beradaptasi dan terbiasa dengan kondisi baru merawat bayi newborn. Hal ini umumnya menyebabkan waktu istirahat sang ibu menjadi berkurang bahkan kadang ibu tak bisa tidur dengan lelap.

  1. Kombinasi Dilakukan Saat Ibu Tidak Sempat Memerah ASI

Terkadang pemberian ASI eksklusif dapat diberhentikan karena masalah kesehatan ibu. Namun bagi ibu yang tidak sempat memerah ASI selama beraktivitas, Anda bisa menggunakan susu formula untuk menggantikannya. Hal ini sangat memungkinkan bagi ibu yang tidak memiliki alat pompa ASI eksklusif atau bagi ibu berkarier yang sibuk bekerja.

Hal yang satu ini tentunya dapat membuat pasokan ASI untuk sang buah hati menjadi berkurang sedangkan bayi pada usia di bawah 6 bulan hanya mendapatkan pasokan nutrisi dari ASI. Oleh sebab itu, mau tidak mau seorang ibu harus mengombinasikan ASI dengan susu murah berkualitas agar pasokan gizi si kecil terpenuhi.

  1. Metode Kombinasi Dilakukan Ketika Ibu Sakit Keras

Kombinasi ASI dan susu formula dapat dilakukan ketika sang ibu mengalami sakit keras. Apabila sang ibu mengalami penyakit yang memungkinkan dirinya tidak dapat berdekatan dengan si kecil, maka pemberian susu formula sangat dianjurkan. Hal ini dirasa perlu agar bayi tidak tertular penyakit yang diderita oleh sang ibu.

Itulah beberapa aturan mengombinasikan ASI dan susu formula. Namun perlu untuk diingat bahwa ASI merupakan utama terbaik untuk si kecil. Anda bisa mendapatkan berbagai produk susu formula berkualitas di orami.co.id. Jangan lupa manfaatkan berbagai promo yang diadakan untuk mendapatkan harga susu murah.