Ayo Belajar Macam-Macam Tenses Bahasa Inggris!

 Ayo Belajar Macam-Macam Tenses Bahasa Inggris!

Menguasai bahasa Inggris yang dikenal sebagai bahasa dunia tentu merupakan suatu keharusan agar mempermudah kita untuk beradaptasi dengan zaman yang semakin berkembang. Untuk bisa lancar bahasa Inggris, pada dasarnya kalian harus dapat menguasai 16 tenses yang terdapat dalam bahasa Inggris sebagai modal utama kalian. Karena menurut berbagai sumber, kalau kita sudah paham 16 tenses tersebut berarti kita sudah menguasai 60% kemampuan berbahasa Inggris.

Pasti hal ini membuat kalian lebih tertarik kan untuk mendalami bahasa Inggris? Nah, sementara itu 40% sisanya hanya perlu kalian kembangkan dengan ilmu-ilmu lain yang berkaitan dengan bahasa Inggris. Menguasai tenses itu sangat penting mengingat saat speaking atau writing dalam berbahasa Inggris, penerapan tenses akan digunakan supaya orang lain dapat mengerti maksud yang mau kita sampaikan. Kalau salah menggunakan rumus tenses, sudah pasti kalimat yang kita buat akan salah dan membuat salah paham.

Selain itu, dengan menguasai tenses dijamin kalian pasti dapat mengerti semua tata bahasa ataupun gramatikal yang ada di dalam bahasa Inggris. Faktanya, semua tata bahasa atau gramatikal yang kita pelajari di dalam bahasa Inggris itu tidak terlepas dari susunan kata, yang berarti merangkum semua 16 tenses yang tersedia dalam bahasa Inggris.

Untuk mempelajari 16 tenses tersebut memang cukup sulit karena terdapat banyak rumus yang sebaiknya bukan dihafal namun dipahami. Terutama bagi kita yang bukan penutur asing bahasa Inggris, kebanyakan orang pasti malas untuk belajar tenses. Oleh karena itu, kami akan membantu kalian agar bisa cepat menguasai tenses dengan menjabarkannya sebagai berikut:

1. Simple Present Tense

Simple Present Tense digunakan untuk menyatakan fakta, kebiasaan, dan juga kejadian-kejadian yang terjadi pada saat sekarang ini.

Rumus yang dimiliki Simple Present Tense ini juga cukup gampang, yaitu:

S + Verb 1

Contoh penggunaan simple present tense:

She eats breakfast every morning

He goes to school at 8 am

2. Simple Past Tense

Simple Past Tense digunakan untuk menjelaskan kejadian yang sudah terjadi di masa lalu.

Rumus yang digunakan Simple Past Tense adalah:

S + Verb 2

Contoh penggunaan Simple Past Tense:

He just graduated from university last year.

I already gave the gift to her yesterday.

3.     Simple Future Tense

Simple future tense yang satu ini berfungsi untuk menjelaskan suatu aksi di masa yang akan datang, dan digunakan untuk membuat keputusan terhadap sesuatu yang akan terjadi di masa depan.

Rumus yang digunakan untuk membentuk Simple Future Tense adalah:

S + Will + Verb 1 (present form)

Atau

S + be (is /are/am) + going to + Verb 1 (present form)

Contoh dari penggunaan simple future tense adalah:

I will continue my Master Degree in London next year.

We are going to the mall tomorrow.

Ketiga tenses tersebut adalah 3 tenses paling mendasar dari 16 tenses yang penting untuk kamu pahami. Karena itu, masih cukup mudah untuk belajar dan memahaminya. Belajar Bahasa Inggris tidak sesulit yang kamu bayangkan. Nah, penasaran kan dengan ke 13 tenses lainnya? Tidak kalah menarik dan menantang lho untuk dipelajari! Yuh, baca selengkapnya, 16 Tenses Bahasa Inggris dan Cara Penggunaannya.