7 Perlengkapan Bayi yang Sering Dibeli Tapi Jarang Dipakai

Perlengkapan Bayi yang Sering Dibeli Tapi Jarang Dipakai

Sebelum waktu melahirkan tiba, tentunya Anda telah mempersiapkan semua perlengkapan yang diperlukan sebaik mungkin. Bahkan, kadang Anda membeli berbagai perlengkapan bayi yang sebenarnya jarang sekali dipakai. Apa saja perlengkapan yang sebenarnya jarang dipakai namun masih sering dibeli itu? Ini daftarnya!

  1. Gurita Bayi

Di zaman dulu penggunaan gurita bayi memang sangat dianjurkan dengan alasan untuk menghindarkan bayi dari kedinginan. Namun, makin ke sini penggunaan gurita pada bayi sebenarnya tak disarankan. Bahkan, penggunaanya bisa membahayakan bayi. Oleh sebab itu saat ini jarang sekali gurita bayi digunakan.

  1. Tempat Pembuangan Popok Sekali Pakai

Penggunaan popok sekali pakai saat ini memang marak. Bahkan, kebanyakan orang tua lebih memilih menggunakan ini dibandingkan popok kain karena lebih praktis. Namun, Anda tak perlu memiliki tempat pembuangan popok khusus, kok! Cukup gulung saja diaper tersebut hingga rapi dan bungkus dengan koran atau plastik sebelum dibuang.

  1. Alat Pembuat Makanan Bayi

Lalu, perlengkapan bayi lain yang juga sering dibeli padahal jarang dipakai adalah alat pembuat makanan bayi atau baby food maker. Anda bisa menggunakan blender saja untuk mengolah makanan bayi tersebut. Jadi, sebenarnya alat yang satu ini tak diperlukan.

  1. Kursi Makan Bayi

Kursi makan untuk bayi juga kerap dibeli oleh orang tua. Padahal, sebenarnya perlengkapan yang satu ini tidak begitu dibutuhkan. Sebab, sebenarnya bayi bisa duduk di mana saja dia mau. Lagipula, bayi baru bisa makan di usia 6 bulan. Membelinya ketika bayi baru lahir, sama saja dengan pemborosan.

  1. Boks Bayi

Model boks bayi yang dijual di pasaran memang lucu dan menggemaskan. Tampilannya yang menarik ini tentunya bisa memicu Anda untuk membelinya. Namun, sebelum itu Anda harus ingat bahwa perkembangan bayi itu sangat pesat. Bila membeli boks bayi, boks tersebut hanya akan digunakan sebentar saja.

  1. Baby Walker

Penggunaan baby walker memang umum ditemukan di Indonesia. Namun, sebenarnya alat yang satu ini tidak begitu dibutuhkan. Bahkan, penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa penggunaan baby walker itu bisa berbahaya. Ada baiknya Anda membiarkan si kecil berjalan secara normal saja dengan dibantu Anda.

  1. Kereta Dorong

Membeli kereta dorong untuk bayi memang sangat bermanfaat bila Anda sering membawa bayi jalan-jalan. Namun, bila tidak ke mana-mana, baiknya tidak dibeli. Sebab, bayi memiliki pertumbuhan yang sangat pesat dan bayi hanya akan menggunakannya sebentar saja.

Nah, itulah beberapa perlengkapan bayi yang sebenarnya jarang dipakai namun sering dibeli oleh orang tua. Memang, tak ada salahnya Anda membelinya untuk mempermudah kerja Anda. Namun, kalau hanya digunakan satu dua kali, untuk apa? Adanya, nanti Anda malah kesulitan ketika akan menyimpannya. Apalagi bila rumah Anda sempit atau masih menyewa.