5 Tips Pilih Jasa Ekspedisi untuk Kirim Oleh-oleh Pas Traveling

5 Tips Pilih Jasa Ekspedisi untuk Kirim Oleh-oleh Pas Traveling

Jasa pengiriman barang atau jasa ekspedisi saat ini semakin berkembang pesat seiring peningkatan e-commerce atau pasar online di Indonesia. Peningkatan jumlah toko online dipengaruhi oleh budaya masyarakat Indonesia yang secara signifikan beralih untuk belanja secara online. Namun, transaksi pengiriman barang atau paket juga banyak dipakai saat mau kirim oleh-oleh yang sepertinya terlalu merepotkan kalau dibawa pakai bagasi pesawat, terlebih lagi kalau kamu masih punya jadwal perjalanan dinas ke kota lain.

Nah, jadinya semakin banyak jasa ekspedisi baru yang bermunculan dengan layanan terbaiknya untuk menarik minat masyarakat seperti Lion Parcel. Namun, kalau beli tiket pesawat, sudah tidak perlu diragukan lagi kalau kamu harus pesan dari Lion Air official partner. Dari berbagai jasa ekspedisi yang sudah ada terkadang membuat kita bingung untuk memilih yang terbaik. Oleh karena itu, kita perlu tahu cara memilih jasa ekspedisi dengan bijak dan paling tepat supaya kamu dapat menikmati layanan terbaik dan memuaskan.

  1. Jangkauan Luas Sangat Penting

Beberapa jasa ekspedisi yang populer di kalangan masyarakat telah memiliki rute dan fasilitas pengiriman yang lebih beragam dan lengkap. Dengan demikian, semakin lengkap dan baik layanan juga mempengaruhi kualitas jasa ekspedisi. Dengan rute yang lengkap pula, kita tak perlu risau jika ingin mengirim paket ke daerah terpencil sekalipun. Layanan ini bisa kita lihat dari website jasa ekspedisi, karena saat ini kita bisa cek rute maupun cek harga secara online.

  1. Ongkos Kirim Jelas adalah Keharusan

Jasa ekspedisi yang terpercaya dan unggul biasanya memberikan informasi detail biaya pengiriman langsung dari website. Hal ini tentu menjadi nilai plus dari pelanggan karena sangat membantu untuk menghitung total pembelian dan ongkos kirim untuk pelanggan. Ketentuan tarif jasa pengiriman paket bergantung dari jarak daerah tujuan pengiriman dan bobot barang yang akan dikirimkan. Sekarang perusahaan jasa pengiriman paket banyak yang telah memiliki situs perusahaan sendiri dan kita bisa mengecek atau menghitung tarif jasa pengiriman paket dengan mengakses website perusahaan jasa pengiriman tersebut.

  1. Ragam Varian Paket Pengiriman

Bagi pelanggan yang ingin barang pesanannya cepat sampai, mereka rela membayar ongkos lebih mahal untuk pengiriman ekspres. Namun, beberapa pelanggan lebih memilih jasa reguler atau biasa dengan biaya pengiriman yang lebih terjangkau. Untuk mengakomodir semua keinginan pelanggan, e-commerce harus bisa memilih jasa ekspedisi yang memiliki beragam pilihan paket pengiriman sesuai kebutuhan. Dengan beragam pilihan yang disediakan, makan semakin mudah pula kita menentukan pilihan pengiriman dengan menyesuaikan uang kita atau urgensi dari barang tersebut.

  1. Asuransi dan Jaminan

Produk yang ditawarkan bisnis online tidak hanya barang-barang biasa seperti baju, sepatu, tas, atau produk fashion saja. Bisnis online juga ada yang melengkapi koleksi produknya dengan menjual produk yang membutuhkan perhatian dan penanganan khusus seperti makanan, gadget, atau perhiasan ketika dalam proses pengiriman. Hal ini mengharuskan bisnis online memilih dan menggunakan jasa ekspedisi yang memberikan jaminan asuransi atas adanya kerusakan atau kehilangan terhadap barang yang dikirimkan. Dengan adanya asuransi atau jaminan keamanan, kita tidak akan terlalu khawatir jika barang berharga yang kita beli salah kirim, rusak, atau hilang karena jasa ekspedisi akan bertanggung jawab terhadap barang kiriman tersebut.

  1. Fasilitas Tracking

Seiring perkembangan teknologi, pengiriman barang juga semakin mudah dan efektif, salah satunya melalui fasilitas track and trace atau pelacakan. Adanya fasilitas sistem pelacakan yang disediakan oleh perusahaan jasa ekspedisi sangat memudahkan pelanggan yang ingin mengetahui di mana posisi barang pesanannya berada. Kita hanya perlu memasukkan nomor resi pengiriman ke menu pelacakan yang tertera di website, kemudian kita bisa memantau keberadaan paket kita dengan detail informasi yang disediakan jasa ekspedisi.

Kalau kamu sudah pastikan semua elemen di atas ada pada jasa ekspedisi pilihanmu maka pengiriman kamu pasti akan lancar jaya. Silakan berkirim ria lewat eskpedisi!