5 Penyakit yang Ditandai Dengan Sakit Dada Sebelah Kiri

5 Penyakit yang Ditandai Dengan Sakit Dada Sebelah Kiri

Anda mungkin sering abai dengan rasa sakit atau nyeri yang menyerang bagian tubuh. Padahal, rasa sakit tersebut mungkin saja sinyal dari penyakit yang bersarang di tubuh Anda. Salah satu rasa sakit yang tak boleh dibiarkan adalah rasa sakit dada sebelah kiri. Walau frekuensinya tak teratur, rasa sakit ini bisa menandakan bahwa Anda sedang mengidap 5 penyakit berikut.

  1. Serangan jantung

Serangan jantung terjadi karena jantung tidak mendapat asupan darah yang kaya akan oksigen. Terjadinya kerusakan pada otot jantung, membuatnya tak berfungsi maksimal dalam memompa darah. Saat terkena serangan jantung, Anda bisa merasakan sakit atau nyeri yang sangat kentara pada bagian dada sebelah kiri atau tengah.

Dilansir dari healthline.com, terkadang rasa sakit karena serangan jantung malah ditandai dengan rasa sakit yang lebih ringan terlebih dahulu. Rasa sakit ini akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Rasa sakit dada sebelah kiri ini biasanya diikuti dengan sakit pada lengan sebelah kiri, leher, perut, serta sesak nafas.

  1. Miokarditis

Miokarditis merupakan kondisi dimana lapisan tengah dinding jantung mengalami peradangan. Jika dibiarkan, sistem kerja jantung Anda akan memburuk dan melemah, sehingga terjadi kerusakan permanen pada jantung Anda. Selain rasa sakit pada dada sebelah kiri, miokarditis juga ditandai dengan sesak nafas, detak jantung yang tak beraturan, serta rasa lelah yang teramat sangat.

  1. Kardiomiopati

Kardiomiopati merupakan penyakit yang menyerang bagian otot jantung. Penyakit ini bisa timbul dengan sendirinya tanpa ada pengaruh dari penyakit jantung lain seperti jantung koroner ataupun tekanan darah tinggi. Saat terkena kardiomiopati, akan terasa nyeri pada dada disertai dengan debaran kencang jantung dan pembengkakan pada alat gerak serta perut.

  1. Perikarditis

Saat dua selaput tipis perikardium yang melekat pada jantung mengalami iritasi atau radang, kondisi ini disebut dengan pericarditis. Saat radang terjadi, maka akan terasa sakit pada bagian kiri dan tengah dada. Anda juga mungkin akan merasakan sakit pada bagian bahu baik sebelah kiri atau kanan maupun keduanya. Gejala perikarditis hampir sama dengan gejala serangan jantung.

  1. Angina

Angina merupakan rasa sakit pada dada dikarenakan otot jantung kurang mendapatkan asupan oksigen dalam darah. Jangan sepelekan rasa sakit angina, karena biasanya gejalanya juga menandakan Anda sedang terjangkit sakit jantung lain, seperti sakit jantung koroner. Rasa sakit dada ini juga disertai dengan rasa tak nyaman pada lengan, bahu, leher, punggung dan dagu.

Itulah 5 penyakit yang biasanya ditandai dengan sakit dada sebelah kiri. Anda bisa mencari sebanyak mungkin referensi untuk gejala yang mungkin sedang Anda alami. Salah satu sumber referensi bisa Anda lihat pada bagian magazine di Orami.co.id. Setelah Anda mengumpulkan sebanyak mungkin informasi, Anda tetap harus memeriksakan diri pada dokter ahli terdekat, ya.