Others

4 Indikasi Tanda Ban Mobil Harus Cepat Diganti

4 Indikasi Tanda Ban Mobil Harus Cepat Diganti

Ban adalah salah satu bagian terpenting dalam sistem perawatan mobil di era modern. Terkadang banyak pengendara yang tidak begitu memperhatikan kondisi ban mobilnya kecuali sudah benar benar sangat parah barulah diganti dengan yang baru.

Padahal kondisi penggantian ban ini sendiri sebenarnya menjadi sangat penting, karena masuk dalam satu bagian sistem keselmatan utama dalam berkendara. Tentu saja ada beberapa masalah kenapa orang lalai dalam memperhatikan kondisi ban mobil bisa jadi karena memang tidak tau, atau karena memang sengaja dibiarkan rusak dulu baru diganti.

Setidaknya bagi anda yang sering menggunakan mobil sehari-hari atau bepergian dalam jarak yang cukup jauh misalkan kondisi ban ini kapan harus diganti anda harus sudah hafal diluar kepala demi keselamatan nyawa anda sendiri.

Kali ini, anda akan kami berikan indikasi, ciri ciri dari fisik kapan sebaiknya anda harus memutuskan mengganti ban mobil anda dengan yang baru dengan parameter ini sudah sangat cukup menjadi acuan dasar anda.

1.      Usia ban

Faktor pertama yang bisa anda jadikan rujukan adalah dari umur ban. Idealnya jika anda membeli mobil bekas selain menanyakan kondisi mesin yang berkaitan dengan kapan terakhir ganti oli mesin misalkan anda tanyakan juga kapan terakhir ban mobil yang ingin anda beli diganti.

Sederhanya jikapun anda lupa menayakan ini, maka cara mudah anda bisa cek tahun produksi ban tersebut yang bisa anda lihat pada bagian atas ban mobil anda.

2.      Perhatikan Ketebalan Ban

Selain itu anda juga bisa menggunakan indikator batas ketebalan ban minimum yang bisa anda amati langsung dengan memperhatikan ban mobil anda. Coba anda cek ban mobil anda sekarang pada bagian samping sekali ada tanda dengan symbol segitiga, jika permukaan ban terluar sudah sampai tanda tersebut maka bersiaplah ganti dengan yang baru.

3.      Ban gundul atau adanya benjolan di salah satu sisi

Terkadang masalah pada ban mobil ini tidak merata, idealnya kan kalau aus sebelah maka akan imbang semuanya namun kenyataanya tidak. Masalah ban gundul sebelah ini akan sangat tidak nyaman membuat anda berkendara dimana jalan mobil ketika dibawa ngebut akan goyang.

Jika sudah merasakan gejala ini ditambah permukaan ban ada yang gundul kami sarankan anda segera ganti dengan yang baru. Anda bisa mengganti sendiri atau mencari bengkel ganti oli dan ban sekalian memeriksa kualitas oli kendaran anda.

Namun yang perlu anda catat juga adalah ban gundul ini terkadang penyebabnya tidak satu saja melainkan bisa banyak faktor, maka dari itu anda juga sangat dituntut untuk melakukan pengecekan pada beberapa part penting yang bisa jadi menjadi penyebab gundulnya ban apalagi jarak waktunya sangat dekat misalkan

  • Cek pada bagian tekanan angin, apakah sesuai dengan batas normal yang tertera pada ban mobil anda. Jangan sampai berlebihan atau kekurangan.
  • Sisitem suspensi juga harus anda cek jangan sampai ada yang bermasalah karena bisa merambat ke kondisi ban yang cepat sekali gundul atau aus.
  • Kondisi Whell Alignment apakah masih dalam posisi yang normal atau sudah bergeser
  • Ingat juga, apakah anda pernah melakukan setingan balance pada semua roda mobil anda
  • Yang terakhir human eror, bisa jadi karena gaya anda membawa mobil yang ugal-ugalan juga bisa menjadi penyebab ban cepat gundul.

4.      Jark tempuh sudah lebih dari 40.000 km

Pada jarak ini sebenarya bukan ban saja yang harus anda ganti, namun kami sarankan cek juga kondisi oli, apakah sudah saatnya anda ganti oli mobil dengan yang baru. Jarak tempuh memang menjadi banyak acuan dalam proses maintence mobil.

Selain parameter umur ban anda akan lebih mantap melakukan penggantian dengan yang baru ketika sudah dilengkapi dengan data lama jarak tempuh perjalanan mobil anda. Secara standar nasional mobil yang sudah sampai pedometer 40 ribu ban sudah saatnya diganti dengan yang baru.

Baiklah sampai disini ulasan singkat dan akurat yang bisa kami bagikan kepada anda mengenai masalah ban mobil, intinya adalah anda harus peka memperhatikan kondisi ban anda, dan ketika sudah siap diganti maka jangan ditunda demi keselamatan anda dan keluarga.