Lifestyle

Syarat puasa ramadan

Syarat puasa ramadan

Bulan Ramadan datang layaknya pintu gerbang terbuka lebar untuk meminta ampun dan meminta keinginan agar cepat dikabulkan oleh sang pencipta. Tapi apakah sebenarnya kita mengetahui bahwa ketika bulan Ramadan tiba banyak hal yang harus kita persiapan mulai dari diri kita sendiri hingga hal hal inti yang harus tersedia dirumah setiap saat. Walaupun banyak persiapan tetapi berpuasa sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan karena kita hanya perlu memenuhi syarat-syarat yang sudah dijelaskan diseluruh hadist islam yang bisa ditemukan dimana saja. Syarat wajib puasa merupakan syarat-syarat yang apabila sudah terpenuhi oleh seseorang mau tidak mau harus menjalan ibadah puasa. Jika syarat-syarat yang dikeluarkan ternyata tidak memenuhi dirinya maka dirinya pun tidak wajib berpuasa atau boleh meninggalkan puasa. Tapi mungkin ada beberapa orang diluar sana yang belum paham betul apa saja sih syarat wajib berpuasa yang harus diyakini dan diketahui oleh orang banyak terutama kaum muslim. Apalagi saat ini banyak anak anak yang masih belajar untuk berpuasa walaupun masih setengah hari, tetapi dengan begitu mereka semua belajar apa arti puasa sebenarnya karena mereka pun sudah hamper memenuhi syarat wajib berpuasa pada agama islam. Apa saja syarat wajib puasa?

Hal pertama yang sudah dipastikan ketika bulan Ramadan tiba maka syarat wajib puasa yang pertama adalah manusia tersebut beragama Islam. Ketika bulan Ramadan tiba seluruh manusia yang beragama islam wajib untuk berpuasa baik perempuan maupun laki-laki. Tetapi ketika manusia tersebut tidak beragama islam maka mereka tidak diharuskan untuk berpuasa. Lanjut syarat wajib puasa yang kedua adalah baligh. Baligh adalah kondisi dimana seorang laki laki sudah dewasa dan mengeluarkan mani baik melalui mimpi dalam tidurnya maupun bukan karena mimpi. Sedangkan untuk wanita, baligh terjadi ketika wanita tersebut sudah mengalami menstruasi. Dari penjelasan disini, seorang anak laki-laki maupun perempuan yang belum merasakan baligh tidak diwajibkan untuk berpuasa. Anak-anak yang belajar berpuasa setengah hari pun insha Allah akan diberikan pahala oleh Allah SWT karena telah belajar untuk mencoba puasa. Ketika sudah baligh dan beragama islam yang harus dipastikan adalah manusia tersebut berakal sehat. Apa maksud dari berakal sehat? Orang yang berpuasa diharuskan memiliki pikiran yang waras alias tidak gila baik gila tersebut dikarenakan kesehatan mental maupun dikarenakan sebab lainnya.

Hal ini dikarenakan orang yang berpikiran waras akan terus berusaha memperbaiki amal amalnya selama bulan Ramadan berusaha sebaik mungkin untuk melakukan hal hal yang positif. Ketiga point diatas pun dilanjutkan dengan kuatnya seseorang dalam menunaikan ibadah puasa. Ada beberapa orang yang tidak kuat melakukan puasa dikarenakan memiliki penyakit, atau mungkin dalam perjalanan jauh sehingga fisik mereka tidak cukup kuat untuk melakukan puasa. Maka dari itu ketika berpuasa dibutuhkan fisik dan mental yang kuat untuk menjaga diri dan hati dari hal hal buruk yang masuk begitu saja. Ada juga orang orang yang tidak diwajibkan berpuasa seperti ibu menyusui dan sedang hamil, orang yang sudah tua dan mereka mereka yang merasa tidak kuat ketika melakukan puasa. Terakhir adalah seseorang yang sudah mengetahui bahwa saat ini sudah masuk bulan Ramadan. Masuknya bulan Ramadan bisa dilihat dari pergerakan bulan dilangit yang kemudian disatu wilayah diketahuilah hilal yang paling tepat. Hilal dikenal sebagai masuknya bulan Ramadan dan manusia yang terpenuhi syaratnya harus berpuasa.

Selalu lihat jadwal puasa hari ini agar kalian bisa mengetahui waktu sahur dan berbuka yang tepat untuk hari ini!