Solusi Atasi Permasalahan Ketombe dengan Biji Buah Pepaya

Solusi Atasi Permasalahan Ketombe dengan Biji Buah Pepaya

Pasti setiap orang pernah memiliki masalah dengan rambutnya. Salah satu masalah rambut yang sering kali menganggu adalah ketombe. Masalah rambut berketombe tidak hanya membuat kepala menjadi gatal saja, melainkan ketombe juga sering membuat seseorang menjadi tidak nyaman, tidak percaya diri dan menimbulkan masalah rambut rontok yang sangat parah.

Pada dasarnya, ketombe merupakan suatu masalah kondisi kulit kepala yang terjadi karena kulit kepala kurang sehat dan kotor. Hal inilah yang membuat kulit kepala muncul suatu bakteri penyebab ketombe.

Untuk mengatasi berbagai masalah ketombe, sebenarnya banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari melakukan berbagai perawatan di klinik atau salon kecantikan dan keramas dengan baik menggunakan shampo anti ketombe yang sesuai untuk mengusir masalah ketombe. Namun biasanya semua itu memiliki efek samping, karena perawatan atau shampo banyak mengandung tambahan bahan kimia. Sebaiknya untuk menanggulangi efek samping pada rambut, lakukan perawatan rambut berketombe dengan cara alami atau herbal saja.

Nah jika kita berbicara mengenai bahan alami untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut berketombe, ada salah satu bahan alami yang paling sederhana dan mudah untuk didapatkan yang dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah ketombe. Bahan alami yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut tersebut adalah biji pepaya.

Ternyata biji pepaya ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan rambut. Jadi jika kamu memakan buah pepaya, jangan langsung membuang bijinya. Untuk memanfaatkannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan biji pepaya dengan cara ditumbuk atau bisa juga dengan menggunakan blender. Jika biji pepaya sudah menjadi halus, letakkan pada sebuah wadah dan tambahkan dengan sedikit minyak zaitun, kemudian campur kedua bahan tersebut sampai menjadi adonan pasta. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan pasta biji pepaya tersebut pada kulit rambut secara merata dan diamkan sekitar satu jam.

Setelah satu jam berlalu, kamu bisa membilas rambut kamu sampai bersih, usahakan untuk membilasnya menggunakan air dingin sampai pasta yang ada di kulit kepala menjadi benar-benar bersih. Langkah terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah menggunakan pelembab alami untuk kulit kepala dan rambut yaitu berupa minyak zaitun atau minyak kelapa, aplikasikan salah satu minyak tersebut dan biarkan sampai rambut kering dengan sendirinya.

Selain dengan cara diatas kamu juga bisa mengatasi ketombe yang membandel menggunakan cara di bawah ini.

Kamu hanya perlu menyiapkan setengah cangkir biji pepaya dan 2 sdm minyak kelapa.

Caranya, haluskan terlebih dulu biji pepaya yang sudah disiapkan dengan menggunakan blender. Setelah biji pepaya halus, tambahkan minyak kelapa di dalamnya dan aduk rata sampai membentuk sebuah pasta. Setelah itu, aplikasikan masker alami ini ke kulit kepala dan rambut kamu.

Oleskan masker ini keseluruh kulit kepala dan rambut sembari dipijat secara lembut. Diamkan sekitar setengah sampai satu jam dan bungkus rambut dengan menggunakan handuk. Jika sudah, lalu bilas rambut kamu seperti biasa dan keramas menggunakan shampo anti ketombe.

Menurut para pakar ahli juga menyebutkan jika biji buah pepaya memiliki kandungan nutrisi anti jamur dan anti bakteri yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri penyebab munculnya ketombe di rambut. Selain itu biji buah pepaya juga memiliki nutrisi yang dapat membuat akar rambut menjadi  lebih kuat, sehat dan terlihat lebih mengesankan.

Nah untuk kamu yang ingin terbebas dari masalah ketombe, tidak perlu khawatir lagi karena dengan melakukan perawatan dengan bahan alami biji pepaya ini, tentunya akan sangat membantu dalam mengatasi permasalahan ketombe. Semoga artikel tersebut yang berjudul Solusi Atasi Permasalahan Ketombe dengan Biji Buah Pepaya dapat memberi informasi yang berguna dan bermanfaat.

Selamat mencoba.