Lifestyle

RESEP KUE JARI SELAI YANG MANIS DAN NIKMAT

RESEP KUE JARI SELAI YANG MANIS DAN NIKMAT

Membuat kue kering dirumah adalah sebuah kegiatan yang seru dan mengasyikan apalagi membuat kue bersama keluarga atau anak-anak untuk mempersiapkan lebaran tiba. Kegiatan ini memang sangat seru dan paling banyak dinantikan ketika satu minggu sebelum lebaran tiba, biasanya hampir semua keluarga selalu mempersiapkan kue untuk perayaan hari lebaran. Kue yang dibuat tidak hanya satu jenis saja, bisa membuat 5 hingga 10 jenis kue untuk meluangkan waktu ketika Ramadhan. Kue yang dibuat bermacam-macam mulai dari kue nastar, kastangel, putri salju dan kue selai jempol.

Yang unik adalah membuat kue jempol karena membuat kue ini memiliki kesulitan utama yaitu saat membentuk adonan menjadi bulat lalu menekan bagian tengah dengan jari hingga terbentuk cekungan untuk diberikan selai di atasnya. Dalam membuat cekungan yang pas, anda harus bisa menempatkan jari pada tengah-tengah adonan hingga membuat lubang agak dalam untuk menyimpan selai diatasnya. Ketika di panggang maka kue akan sedikit meluber dan pipih maka jika lubang yang dibuat tidak pas maka dikhawatirkan selai akan meluber dan terkena panas oven. Nah untuk itu kami akan berikan resep kue lebaran terbaru ini untuk anda. simak selengkapnya !

Bahan:

– 225 gram mentega/butter

– 200 gram gula pasir (resep asli 225 gram)

– 1 sendok makan kulit jeruk lemon parut atau 1/4 sendok teh essence lemon

– 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/4 sendok teh bubuk vanili

– 1/2 sendok teh garam

– 1 butir telur ayam

– 305 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (mis. Segitiga Biru atau Kunci Biru)

– 100 gram selai strawberry atau selai kesukaan anda lainnya

Cara membuat:

– pertama panaskan oven lalu set oven pada suhu 175 C. letakan rak pemanggang di tengah oven.

– siapkan loyang untuk memanggang kue dan alasi diatasnya dengan kertas roti lalu sisihkan.

– siapkan mangkuk mikser dan masukan mentega, gula, garam, kulit jeruk lemon dan vanilla ekstrak. Kocok adonan tersebut dengan mikser dengan kecepatan tinggi hingga lembut dan membuat adonan menjadi warna putih.

– selanjutnya masukan telur, lalu kocok adonan tersebut hingga telur tercampur dengan baik. Setelah itu matikan mixer.

– masukan tepung sedikit demi sedikit lalu campur dengan perlahan menggunakan spatula hingga adonan tepung habis dan merata sempurna.

– siapkan 2 buah sendok teh atau sendok makan, ambil adonan lalu bentuk menjadi bulat-bulatan kecil. Jatuhkan adonan kue yang sudah dibentuk bulat ke atas loyang beralas roti yang sudah disiapkan. Berikan jarak setiap adonannya. Setelah selesai, tekan bagian tengah adonan kue menggunakan sendok teh secara perlahan sehingga membuat cekungan yang cukup untuk menyimpan selai di atasnya.

– dalam memberikan selai kepada adonan kue, ambil selai secukupnya jangan terlalu banyak dan sedikit.

– setelah semua adonan kue diberi selai, masukan kedalam oven lalu panggan selama 15 menit hingga kue menjadi mengeras dan pada bagian bawah terlihat kecoklatan. Jangan terlalu lama memanggang karena kue akan lembek setelah di angkat dan keras setelah kering.

– setelah matang, keluarkan loyang lalu diamkan kue hingga dingin. Anda bisa menyimpan kue yang baru matang di atas rak besi.

– Setelah dingin, masukan kue ke dalam stoples tertutup rapat dan siap untuk disajikan.

Itulah resep dalam membuat kue jari selai yang bisa kamu coba. Selamat mencoba !