Keterlibatan Generasi Muda dalam perayaan HUT RI

Keterlibatan Generasi Muda dalam perayaan HUT RI

Kemerdekaan RI pasti akan menjadi momen yang sangat berharga bagi semua warganya. Baik yang tua maupun muda. Namun, mungkin tak semua nasionalisme semacam ini tertanam baik pada generasi muda kita saat ini karena mungkin kurang pedulinya orang tua terhadap tingkat nasionalisme anaknya selama ini. Namun, mungkin lingkungan yang selalu meramaikan perayaan ini membuat generasi muda, mau tak mau pun tetap merayakan kemerdekaan ini dnegan suka cita. Setiap tahunnya pasti akan memberikn efek pada sikap mereka terhadap pengabdian mereka untuk Indonesia kita.

Sebagai salah satu cara untuk melibatkan generasi muda dalam kegiatan yang bersifat nasionalisme ini adalah dengan melibatkan mereka sebagai panitia maupun peserta dalam setiap perayaan ditingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan tingkat nasional. Ditingkat desa, kita bisa melibatkan mereka dengan menjadikan mereka panitia pelaksanaan dari acara agustusan seperti lomba dan pentas seni. Pada tingkat yang lebih tinggi kita bisa melibatkan mereka pada acara karnaval atau parade seni. Dan pada tingkat nasional kita bisa melibatkan mereka pada pelaksanaan upacara perayaan 17 agustus yang diadakan di 3 tingkatan yakni tingkat kota/kabupaten, provinsi dan nasional. Dimana upacara ini pasti membutuhkan pasukan yang bertugas mengibarkan bendera yang biasa disebut dengan PASKIBRAKA. Dimana anggotanya berasal dari siswa-siswi SMA kelas 1 dan 2 dari seluruh Indonesia yang diseleksi pada bulan april. Mereka yang terpilih akan dilatih sebagai capaska dan dipersiapkan untuk upacara besar ini.

Penanaman nilai nasionalisme sejak dini sangatlah penting, sehingga generasi muda saat ini bisa memaknai begitu pentingnya bagi negara kita. Penanaman ini bisa dilakukan dilingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah. Dimana keluarga sendiri harus mengajarkan tentang bagaimana cara menghargai perjuangan pahlawan kita terdahulu dalam memerdekakan negara kita melalui cerita serta sikap kita. Dilingkungan masyarakat, mereka juga dapat belajar bahwa setiap orang yang menjadi warga indonesia pasti akan merayakan hari kemerdekaan RI dengan sepenuh hati melalui segala kegiatan yang diadakan pada saat bulan agustus tiba. Kemeriahan perayaan ini akan terlihat jika melibatkan generasi muda dalam perayaan HUT RI. Karena ide-ide kreatif biasanya muncul dari kepala generasi muda yang masih fresh dan memiliki daya imajinasi yang tinggi. Sehingga ketika anak muda terlibat dalam perayaan kemerdakaan, pasti akan muncul acara-acara yang unik dan juga lebih seru dari sebelumnya. Dilingkungan sekolah atau pendidikan, semua warga sekolah sangat berperan dalam emnananmkan makna kemerdekaan bagi generasi muda. Sekolah atau lembaga pendidikan harusnya mampu mengajarkan kepada peserta didik mengenai sejarah serta nilai yang terkandung dalam perayaan kemerdekaan ini sehingga generasi muda kita bisa memaknai dengan baik perayaan ini dan bahkan mau turut andil dalam memeriahkan acara ini dengan tulus dan senang hati tanpa paksaan. Namun terkadang sekolah juga melibatkan peserta didik ini secara paksa, dimana mungkin dengan cara ini bisa sedikit menanamkan nasionalisme pada diri mereka dengan cara mengikutsertakan mereka dalam gerak jalan atau parade seni yang diadakan pemerintah daerah sebagai perwakilan sekolah.

Ada banyak sekali acara yang diadakan untuk merayakan dirgahayu Indonesia, yang mungin bisa meningkatkan makna perayaan ini bagi generasi muda. Berikut adalah beberapa kegiatan yang mungkin bisa melibatkan generasi muda agar tumbuh rasa nasionalime yang baik:

  1. Upacara Bendera, dimana upacara ini tak hanya diadakan pada saat bulan agustus saja namun sepanjang tahun yang biasanya dilaksanakan pada hari senin atau hari besar nasional seperti hari pendidikan nasional, hari pahlawan dan lain sebagainya. Upacara dibulan agustus dilaksanakan pada 3 tingkatan jika dilihat dari penggunaan PASKIBRAKA yang melibatkan generasi muda sebagai anggotanya. Pasukan ini bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk mencintai negaranya dengan cara mereka sendiri. Karena biasanya yang terlibat dalam upacara besar ini bukan hanya paskibraa namun juga beberapa siswa dari sekolah menengah pertama dan juga sekolah menengah atas bahkan sekolah dasar yang terpilih mengikuti upacara ini.
  2. Karnaval, dimana hampir setiap daerah pasti akan mengadakan karnaval dibulan agustus, dimana karnaval ini pasti akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi. Bahkan setiap sekolah pasti akan memilih perwakilan mereka untuk unjuk gigi dalam karnaval ini. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menanamkan dan mengajarkan generasi muda untuk turut memeriahkan perayaan HUT RI.
  3. Perayaan HUT RI desa, dimana setiap desa pasti memiliki cara untuk merayakan kemerdekaan ini salah satunya dengan mengadakan lomba-lomba dan juga pentas seni. Dimana anda bisa memanfaatkan karang taruna yang mungkin terdiri dari anak muda dari desa anda untuk menjadi panitia dalam pelaksanaan acara lomba dan pentas seni tersebut. Sehingga disitu mereka akan belajar cara bekera sama dengan tim dan juga lebih memaknai perayaan kemerdakaan RI dengan sepenuh hati karena kesan yang timbul pada saat menjadi pantia acara tersebut.

Itu tadi adalah beberapa contoh kegoatan yang mungkin saja melibatkan generasi muda dalam perayaan HUT RI. Mungkin ada banyak cara dan acara yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan makna perayaan ini bagi generasi muda. Tinggal bagaimana inovasi anda dalam mewujudkannya. Karena pemerintah sendiri uga tak hentinya memberikan apresiasi dan inovasi untuk meningkatkan jiwa nasionalisme pada generasi muda. Seperti memberikan penghargaan kepada anak muda yang mau ikut serta dalam perayaan kemerdekaan tingkat nasional. Conoh pad tahun kemarin, Bapak okowi memberikan hadiah kepada peserta upacara yang mengenakan pakaian adat paling unik. Hal ini mungkin akan menjadi sebuah dorongan tersendiri bagi generasi muda untuk tampil menonjol dengan kreatifitasnya untuk merayakan kemerdekaan RI atau kegiatan nasionalisme lainnya yangmungkin mengundang bapak Presiden untuk memberikan penghargaan terhadap usaha yang ia lakukan.

Atau jika untuk meraih perhatian bapak Presiden terlalu tinggi, generasi muda bisa dimotivasi untuk mendapatkan penghargaan dari mulai tingkat desa sampai tingkat provinsi. Hal itu bisa dilakukan dengan mengadakan perlombaan yang pesertanya dalah generasi muda. Misalnya adalah lomba adu cerdas, lomba panitia terbaik dalam acara desa dan lain sebagainya. Hal ini mungkin akan membuat generasi muda lebih terpacu dalam meberikan gagasan serta pemikirannya agar auh lebih berkembang dan lebih memaknai HUT RI dengan rasa dan sikap yang jauh lebih baik lagi ditiap tahunnya. Karena memang kita akan selalu merayakan kemerdekaan di setiap tahunnya yang mana setiap tahun nya pasti akan tercipta ide-ide kreatif untuk memeriahkannya. Apresiasi dari warga setempat juga bisa menjadi salah satu motivasi tersendiri bagi generasi muda untuk mau terlibat dalam perayaan yang digelar selama setahun sekali ini. Warga juga harus antusias dalam menyambut HUT RI ini agar setiap tahunnya generasi muda ini mau mempelopori kegiatan di masing-masing daerahnya.