Kesehatan

Cara Alami Yang Sudah Terbukti Ampuh Menghilangkan Ketombe

Cara Alami Yang Sudah Terbukti Ampuh Menghilangkan Ketombe

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa ketombe merupakan salah satu masalah yang kerap muncul di bagian kulit kepala. Ya, kemunculan ketombe ini selalu disertai dengan rasa gatal-gatal yang cukup mengganggu, serta dapat mengurangi penampilan kita. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika sebagian besar para penderitanya sering dibuat jengkel dan minder. Lantas, bagaimanakah cara menghilangkan ketombe tersebut? Nah, secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa cara alami yang ampuh untuk menghilangkan ketombe. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

  1. Menggunakan Jeruk Nipis

Di balik ukurannya yang mungil, ternyata buah jeruk nipis ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk dalam mengatasi masalah ketombe yang membandel. Berdasarkan dari hasil penelitian, buah jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, lemak, karbohidrat, kalsium, protein, magnesium, dan lain sebagainya. Nah, kandungan tersebutlah yang berfungsi untuk membasmi jamur yang menjadi pemicu timbulnya ketombe di kulit kepala.

Mengenai cara penggunaannya, siapkan beberapa buah jeruk nipis, peras airnya, sisihkan kedalam wadah, lalu beri sedikit air. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala sambil dipijat perlahan, diamkan beberapa saat, lalu bilas kembali rambutmu dengan air dingin sampai bersih.

  1. Menggunakan Cuka

Pada umumnya, cuka kerap digunakan untuk menciptakan rasa asam pada makanan-makanan berkuah seperti bakso. Namun tahukah kamu? ternyata cuka memiliki kandungan senyawa yang mampu mengangkat sel kulit mati di kulit kepala. Pasalnya, tumpukan sel kulit mati inilah yang menjadi penyebab dari timbulnya masalah ketombe di kulit kepala.

Soal cara penggunaannya, siapkan 1 sdt cuka kedalam wadah, oleskan pada kulit kepala sambil diberi pijatan lembut agar mersep sempurna. Diamkan kurang lebih selama 15 – 20 menitan, kemudian bilas lagi kepalamu dengan air dingin sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kamu lakukan cara tersebut sebanyak 2 kali dalam seminggu.

  1. Menggunakan Baking Soda

Tak banyak orang yang tahu, bahwa baking soda bisa dimanfaatkan untuk mengusir rasa gatal dan ketombe di kulit kepala. Hal itu juga dibenarkan oleh beberapa penelitian, yang menyebutkan bahwa baking soda memiliki sifat antibakteri dan antimikroba sehingga efektif untuk membunuh jamur yang menjadi penyebab timbulnya ketombe. Siapkan 1/2 sdt baking soda, beri sedikit air, lalu aduk-aduk hingga teksturnya mengental seperti pasta. Oleskan pasta tersebut pada kulit kepala secara merata, beri pijatan lembut, dan diamkan selama 15 menit saja. Setelah itu, kamu hanya tinggal membilas kembali kepalamu dengan air dingin sampai bersih.

  1. Menggunakan Bawang Merah

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan bahan bumbu masakan yang satu ini? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan bawang merah tersebut. Ya, terang saja demikian, sebab semua orang sudah menyetok bawang merah di ruangan dapurnya. Selain berguna untuk bahan bumbu masakan, bawang merah ini juga bisa kamu jadikan ramuan alami untuk menghilangkan ketombe lho.

Kita langsung saja ke cara pengerjaannya, siapkan beberapa butir bawang merah, kupas kulitnya, kemudian blender atau tumbuk sampai hancur. Oleskan bawang merahnya pada kulit kepalamu, beri pijatan lembut, diamkan sekitar 20 menit, lalu bersihkan kembali kepalamu dengan air dingin dan shampoo sampai bersih.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?