Others

Ayo Kenalan Lebih Jauh dengan Macam-Macam Ilmu Pengetahuan!

Ayo Kenalan Lebih Jauh dengan Macam-Macam Ilmu Pengetahuan!

Ilmu pengetahuan dipahami sebagai sebuah proses pembentukan pengetahuan yang terjadi secara terus menerus. Fenomena dikaji secara kritis dengan tujuan untuk memahami hakikat hingga memperoleh hasil yang logis. Memahami makna, bukan berarti anda mengetahui apa saja macam dari pengetahuan. Lantas, apa saja macam dari pengetahun tersebut dan bagaimana kaitan antar ketiganya?

Macam Ilmu Pengetahuan

Pengetahuan atau ilmu, diketahui memiliki tiga macam. Setiap macam memiliki spesifik ilmu tersendiri yang akhirnya dipelajari di sekolah ataupun universitas. Apa saja macam pengetahuan tersebut?

1. Ilmu Alamiah

Ilmu ini dikenal pula sebagai natural sciences. Ilmu ini mengkaji tentang keteraturan-keteratuan dalam alam semesta. Pengkajiannya dilakukan dengan memanfaatkan metode ilmiah, seperti yang dilakukan dalam ilmu fisika, kimia, matematika hingga biologi. Karena banyak membahas tentang angka, ilmu ini dikenal pula sebagai ilmu eksakta atau eksak.

2. Ilmu Budaya

Banyak yang mengatakan bahwa ilmu ini berkaitan erat dengan humanities. Di mana, kajian dalam ilmu ini adalah masalah-masalah manusia yang ada didalamnya. Ilmu budaya pun membahas tentang budaya yang bersifat manusiawi. Karenanya, terdapat beberapa jurusan yang membahas terkait budaya, seperti ilmu agama, ilmu bahasa, ilmu budaya dan lainnya.

3. Ilmu Sosial

Terakhir, anda tentu sering mendengar tentang ilmu sosial. Ilmu sosial banyak mengkaji tentang keteraturan dalam hubungan antar manusia satu dengan yang lainnya. Dalam pembahasan dapat mengkaji tentang perilaku, dampak dan hubungan sebab akibat. Karenanya, ilmu ini banyak dibahas dalam ilmu sosial, antroplogi, ekonomi hingga politik.

Bagaimana Kaitan Antara Ketiganya?

Di masyarakat, perdebatan kehebatan antara tiga macam ilmu selalu muncul. Masyarakat selalu beranggapan bahwa ilmu alam adalah yang paling hebat. Namun nyatanya, hal tersebut tidak benar. Karena ketiga macam ilmu di atas, memiliki kaitan yang erat. Seluruhnya memiliki fungsi masing-masing dalam kehidupan masyarakat.

Ilmu alam dimanfaatkan untuk mendukung manusia menemukan teknologi terbaru. Sementara ilmu sosial dibutuhkan untuk mendukung penemuan-penemuan baru, dengan dana misalnya. Ilmu budaya akan menunjukkan bagaimana perubahan budaya yang terjadi setelah atau sebelum teknologi muncul. Karenanya, diharapkan tidak lagi ada perdebatan yang muncul dan mengatakan kehebatan salah satunya.

Di Mana Pengetahuan Bisa Didapat?

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan. Namun cara yang paling lumrah bagi masyarakat Indonesia adalah melaksanakan wajib belajar. Di mana, terdapat program gratis melakukan sekolah hingga 9 tahun. Selain itu, anda dapat menemukan pengetahuan baru dengan membaca buku. Banyak buku-buku yang memiliki pengetahuan dan memberikan pengalaman pembaca.

Simpulan

Belajar dan mendapatkan ilmu pengetahuan tidak pernah terlambat bagi setiap orang. Berapapun umur anda, selalu ada kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pengalaman. Hanya satu kuncinya, jangan ragu atau malu untuk selalu bertanya dan mencari tahu. Karena dari tindakan-tindakan inilah, semua impian yang didamba dapat diwujudkan dalam waktu singkat.