Kesehatan

6 Manfaat Zat Besi bagi Anak

6 Manfaat Zat Besi bagi Anak

Melihat anak tumbuh dan berkembang dengan sehat adalah sebuah kebahagiaan. Tugas orang tua adalah memberi gizi lengkap agar proses tumbuh dan berkembang si kecil tetap lancar. Zat besi menjadi salah satu jenis zat gizi yang sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang. Berikut 6 manfaat zat besi bagi anak yang perlu Anda tahu.

  1. Mencegah Anemia

Zat besi memiliki peran penting dalam tubuh yaitu menghasilkan sel darah merah. Saat anak kekurangan zat besi maka produksi sel darah merah bisa berkurang. Jika kondisi ini terus berlanjut, bisa saja si kecil akan mengalami anemia. Hal ini tentu akan mengganggu tumbuh kembangnya.

Saat anak mengalami anemia, ia akan lemas dan tidak bisa aktif seperti biasa. Kondisi ini bisa semakin buruk jika orang tua tidak segera mengambil tindakan. Itulah mengapa penting sekali memberi makanan kaya zat besi seperti daging sapi, hati ayam, telur, bayam, brokoli, dan lain sebagainya.

  1. Meningkatkan Imunitas

Daya tahan tubuh si kecil bisa dijaga baik dengan memenuhi kebutuhan gizinya. Salah satu zat gizi yang sangat dibutuhkan demi imun yang kuat adalah zat besi. Zat besi ini dibutuhkan oleh neutrofil yang berfungsi melawan bakteri di dalam tubuh.

Saat anak kekurangan zat besi maka tubuh jadi tidak punya kekuatan untuk melawan bakteri. Kondisi ini bisa semakin parah dan membuat imunitas si kecil menurun. Ia jadi rentan terkena penyakit seperti batuk, pilek, sakit perut, dan lain sebagainya.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Di saat masa pertumbuhan, anak akan selalu mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya. Ia banyak belajar hal baru dan untuk itu ia membutuhkan tubuh yang sehat. Ia bisa belajar banyak hal jika ia mampu berkonsentrasi dengan kegiatannya. Kekurangan zat besi ternyata juga bisa mengganggu kemampuan si kecil dalam berkonsentrasi.

Jika si anak sudah masuk sekolah, kekurangan zat besi ini bisa berdampak lebih buruk. Anak jadi tidak bisa menyerap apa yang disampaikan oleh gurunya di sekolah. Mereka sulit sekali untuk memusatkan perhatian pada pelajaran yang disampaikan.

  1. Menjaga Kelancaran Metabolisme

Zat besi memiliki fungsi penting yaitu membentuk enzim yang akan memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Jika asupan zat besi tidak memadai maka proses metabolisme juga bisa terganggu. Hal ini bisa menyebabkan tubuh tidak mendapat energi secara optimal.

Kondisi tersebut akan memberikan dampak yang buruk bagi fungsi tubuh anak. Bahkan anak bisa saja jadi lemas karena tidak ada energi yang cukup untuk beraktivitas sehari-hari.

  1. Mencegah Stunting

Pertumbuhan anak harus selalu dipantau untuk memastikan grafiknya terus naik. Jika grafik pertumbuhan anak cenderung datar, maka kondisi ini disebut stunting. Hal ini bisa disebabkan oleh tubuh anak yang kekurangan zat besi. Baik berat badan maupun tinggi badannya tidak berkembang secara optimal.

Kondisi ini tentu akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan tubuh si kecil. Hal ini juga bisa berpengaruh pada kemampuan motorik anak. Kemampuan motoriknya bisa terganggu karena pertumbuhan fisiknya terhambat.

  1. Meningkatkan Suplai Oksigen

Salah satu fungsi penting zat besi adalah melakukan suplai oksigen ke seluruh tubuh. Jika suplai oksigen memadai maka tubuh bisa mendapat energi yang cukup. Sebaliknya, jika zat besi hanya sedikit maka suplai oksigen bisa terhambat lalu tubuh jadi lemas dan pertumbuhan juga akan terhambat.

Itulah tadi 6 manfaat zat besi bagi tubuh si kecil. Kini Anda tahu bahwa zat besi memegang peran penting dalam pertumbuhan anak. Pastikan Anda memberikan asupan zat besi yang mencukupi bagi si kecil agar ia bisa tumbuh dengan sehat dan kuat.