Others

3 Permainan Seru Ini Juga Bermanfaat bagi Anak Lho!

Hampir semua anak usia 2-12 tahun suka bermain game. Sebagai orang tua, kemungkinan besar Anda tidak ingin anak Anda untuk terus-terusan main game. Mungkin juga Anda kesulitan menghentikan anak Anda bermain game.

Ini kabar baiknya. Tidak semua game berdampak buruk. Ada sejumlah game yang tidak hanya seru tapi juga edukatif dan bermanfaat bagi anak Anda. Salah satu manfaat bermain game selain untuk rileks dan menghilangkan stres adalah membantu meningkatkan kemampuan anak Anda di berbagai aspek, termasuk meningkatkan kemampuan kerja otak mereka.

Tentunya bukan sembarang game ya. Maka itu, Anda perlu cermat dan selektif dalam memilih game untuk buah hati Anda. Berikut kami rekomendasikan 3 game indoor dan outdoor yang seru dan bermanfaat yang bisa Anda jadikan referensi.

Listening Game

Game ini melatih kemampuan mendengarkan anak-anak dengan mengharuskan mereka untuk berkonsentrasi. Untuk bermain permainan ini, Anda hanya perlu beberapa barang yang memiliki suara-suara berbeda.

Aturan permainan:

  • Kumpulkan benda-benda berbeda seperti sisir, jam, remote, pen, buku, botol, dan sebagai yang memiliki suara yang khas.
  • Letakkan semua benda di meja dan minta anak Anda untuk mengingat benda-benda yang ada.
  • Ambil seluruh benda tersebut, kemudian minta anak Anda untuk berbalik badan dan menutup mata.
  • Ambil salah satu benda dan bunyikan. Beri anak Anda poin saat ia menebak dengan benar.

Pitching Pennies

Pitching pennies merupakan permainan yang bisa dimainkan bersama seluruh anggota keluarga. Permainan melatih kemampuan koordinasi tangan dan mata anak Anda.

Benda yang Anda perlukan untuk bermain game ini adalah koin kecil atau benda berukuran kecil lainnya seperti kelereng atau bola ping pong dan beberapa gelas plastik.

Aturan permainan:

  • Tiap anak mendapat 5 koin. Gelas plastik disusun di atas meja atau bangku di depan mereka.
  • Minta anak Anda untuk mundur beberapa langkah dari gelas plastik.
  • Anak Anda harus melemparkan satu koin ke dalam gelas.
  • Anak yang memasukkan koin paling banyak dalam waktu 5 menit menang.

Follow the Leader

Susah menyuruh anak Anda melakukan sesuatu? Buat jadi mudah dengan menggunakan permainan yang satu ini. Terlebih lagi, Anda tidak membutuhkan alat apapun dalam game ini. Yang Anda butuhkan hanya daftar aktivitas yang akan dilakukan.

Aturan permainan:

  • Pilih tema untuk permainan ini, seperti aktivitas fisik, ekspresi, atau gerakan.
  • Berganti-gantian dengan anak untuk menjadi pemimpin sehingga tiap orang mendapatkan kesempatan setidaknya satu kali.
  • Tiap pemain harus melakukan yang dilakukan oleh pemimpin. Melompat, berlari, bertepuk tangan, membuat wajah lucu, dan sebagainya.

Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah membuat anak Anda melakukan sesuatu sekaligus bercanda tawa dengannya.

Itulah 3 permainan sederhana yang bisa Anda lakukan dengan anak Anda. Jadi, tidak semua game berdampak buruk ya pada anak. Kembali lagi pada game apa yang dimainkan dan bagaimana memainkannya. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih permainan bagi buah hati Anda. Permainan ini tentu saja dapat menjadi pilihan game bahasa Inggris untuk anak SD (Sekolah Dasar).

Begitu pula dengan memilih tempat dan materi belajar bagi anak, orang tua pun harus selektif dan bijak. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Di Cakap Kids, materi belajar bahasa Inggris didesain khusus untuk anak-anak sehingga proses belajarnya tidak hanya menyenangkan tapi juga sesuai dengan kebutuhannya. Yuk mulai latih bahasa Inggris anak sejak dini!