3 Cara Efektif Mempersiapkan Dana untuk Qurban Kambing

Harga Hewan Qurban

Jual kambing qurban tentunya adalah hal yang mudah ditemukan di berbagai tempat ketika momen Idul Adha tiba. Biasanya yang menjadi masalah utama adalah membeli hewan kambing itu sendiri. Bagi Anda yang memang ingin berqurban maka mengumpulkan dana bisa dimulai dari sekarang. Ada 3 cara paling efektif yang bisa Anda tiru seperti berikut ini.

  1. Mencicil Tiap Bulan Seperti Kredit

Melakukan kredit sudah lama dijadikan andalan oleh banyak orang untuk bisa membeli berbagai barang yang diinginkan. Terutama oleh mereka yang tidak ingin terlalu berat menanggung jumlah biaya dalam sekali waktu. Biasanya proses kredit ini sering diaplikasikan pada berbagai barang atau yang lebih sering pada kendaraan bermotor. Seperti motor atau mobil.

Namun mungkin belum banyak yang tahu bahwa ternyata konsep kredit ini juga bisa dilakukan ketika ingin membeli hewan qurban. Caranya juga tidak jauh berbeda dengan Anda yang ingin melakukan kredit pada motor atau mobil. Sistemnya yaitu Anda menyisihkan beberapa uang yang dimiliki dan dikumpulkan dalam jangka waktu untuk memenuhi biaya.

Contoh sederhananya adalah apabila harga seekor kambing ukuran sedang adalah 5 juta maka perhitungkan cicilan yang bisa dipenuhi dalam sebelas bulan. Ini dengan catatan bahwa Anda sudah mempersiapkan qurban setidaknya satu tahun sebelum momen Idul Adha. Dengan waktu 11 bulan tersebut maka Anda bisa menyisihkan setidaknya 500 ribu untuk kredit.

Harga Hewan Qurban 2018

  1. Gandakan Dana dari Tabungan Berjangka

Cara kedua yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan dana dari tabungan berjangka. Mungkin bagi sebagian orang terutama untuk mereka yang masih awam maka cara ini terbilang asing. Soalnya selama ini tabungan berjangka jarang sekali dimanfaatkan untuk berqurban. Padahal cara ini terbilang efektif untuk bisa membeli qurban dengan lebih hemat.

Dengan menggunakan cara ini maka Anda tidak perlu repot atau pusing menyisihkan dana tertentu per bulannya. Soalnya salah satu produk bank ini menyediakan kemudahan menyimpan dana dalam jangka waktu tertentu. Nantinya apabila dana sudah terkumpul sesuai dengan yang diharapkan maka secara otomatis bisa diambil setiap bulannya.

Hal ini pastinya akan sangat memudahkan Anda dalam membeli qurban yang diinginkan. Barulah setelah itu, Anda bisa mencari pihak jual kambing qurban yang dipercaya. Tidak ada salahnya juga mencari pendapat orang lain yang berpengalaman atau setidaknya sudah pernah membeli hewan kambing untuk qurban sebelumnya.

  1. Menabung dengan Emas

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang merasa kesulitan ketika menabung uangnya di bank untuk keperluan tertentu. Seperti salah satunya untuk bisa membeli hewan qurban. Soalnya seperti yang diketahui apabila menabung di bank maka seringkali digunakan tanpa disadari. Hal tersebut tentunya akan sangat sulit untuk membuat dana terkumpul dalam waktu cepat.

Cerita akan menjadi lain apabila Anda memilih menggunakan emas sebagai bentuk tabungan. Soalnya emas ini memiliki banyak sekali manfaat dan keunggulannya. Mulai dari harga emas yang stabil hingga memiliki nilai yang bertambah bahkan. Jadi akan sangat menguntungkan apabila Anda ingin menggunakannya nanti untuk bisa membeli hewan qurban.

Dari ketiga cara tersebut, semuanya efektif untuk membantu Anda dalam membeli hewan qurban yang diinginkan. Setelah terkumpulnya dana, barulah Anda bisa mulai mencari pihak jual kambing qurban yang diinginkan. Usahakan untuk mencari penjual yang sudah terpercaya sekaligus memiliki reputasi baik. Hal ini dilakukan agar Anda tidak mengalami penipuan.